Lewat KKN, Mahasiswa Jadi Agen Literasi Digital

kuliah-kerja-nyata

Mahasiswa melakukan KKN Foto: Kemdikbudristek for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Indonesia Information and Communication Technology Partnership Association (ICT Watch) Indriyatno Banyumurti mengatakan, di era teknologi digital saat ini banyak sekali tantangan. Salah satunya adalah kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM).

“SDM itu sebagai pelaku utama pengguna teknologi yang tidak kalah penting. Kemampuan SDM yang baik akan memiliki implikasi yang baik bagi lingkungan sekitarnya,” kata Indriyatno Banyumurti dalam keterangan, Sabtu (8/10/2022).

Ia menuturkan, peran mahasiswa sangat penting menyampaikan literasi digital ke masyarakat. Salah satunya melalui program kuliah kerja nyata (KKN).

“Satu mahasiswa menyebarkan ke 10 orang saja. Tujuan akhirnya supaya internet dapat dimanfaatkan dengan edukatif dan produktif,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Bambang Tri Santoso menyebut, ada tiga pilar Indonesia Digital, di antaranya Pemerintah Digital, Masyarakat Digital, dan Ekonomi Digital.

“Peran mahasiswa itu menyampaikan literasi digital kepada masyarakat,” ujarnya.

Masyarakat, dikatakan dia, harus menyaring informasi dari media sosial. Pentingnya melakukan pengecekan informasi, sebelum menyebarkannya kembali.

“Kami melakukan kolaborasi dengan mengajak perguruan tinggi untuk melakukan sosialisasi literasi digital kepada masyarakat. Salah satunya mengajak Universitas Negeri Manado dan kampus lainnya,” katanya.(nas)

Exit mobile version