ASN Didorong Adopsi Teknologi Digital, Ini yang Dilakukan Pemerintah

asn

Kegiatan literasi digital bagi ASN. Foto: Kemkominfo for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah terus meningkatkan pemahaman literasi digital bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Kemenkominfo 2021 lalu tingkat literasi digital masyarakat Indonesia sebesar 3.49 dari 5.00. Data tersebut menunjukkan tingkat literasi digital di Indonesia berada dalam kategori “sedang”.

Ketua Tim Literasi Digital Pemerintahan, Kementerian Komunitas dan Informatika (Kemenkominfo) Niki Maradona mengatakan, tujuan kegiatan literasi digital untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan kecakapan penggunaan teknologi digital.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan perangkat dan akun yang digunakan ASN,” ujar Niki Maradona di Jakarta, Senin (10/10/2022).

Selain itu, menurut dia, literasi digital juga mendorong ASN mengenal dan mengadopsi teknologi digital. Sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan sektor publik pada masyarakat.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Sugeng Hariyono. Ia mengatakan, ruang digital yang ada saat ini memiliki dua sisi, yakni peluang dan tantangan.

“Peluang di ruang digital harus kita manfaatkan secara optimal melalui pendekatan literasi,” katanya.

Literasi di sini, lanjut dia, harus dimaknai sebagai kecakapan, kemampuan untuk membaca, mendengar, melihat, menulis, menjelaskan dan menerapkan semua konten digital sebagai potensi untuk memanfaatkan segala hal positif yang ada di dalam ruang digital.

“Di sisi tantangan, ruang digital ini perlu kecakapan kita untuk mengubah pandangan yang pesimistis menjadi lebih optimistis dengan memanfaatkan digital,” katanya.

Melalui literasi digital, masih ujar dia, dapat membantu ASN untuk memiliki visi serta pemahaman yang lebih jelas dalam era digital. Sehingga lincah menghadapi perubahan dengan pendekatan keahlian yang tepat.

“Dengan memanfaatkan TIK dengan baik dapat membuat ASN siap menghadapi perubahan dan dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan produktivitas kerja,” ungkapnya. (nas)

Exit mobile version