Penetapan KLB, DPR: Jumlah Korban Anak Tak Sedikit

ginjall

Ilustrasi ginjal. Foto: Kemenkes for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah untuk mempertimbangkan penetapan KLB (Kejadian Luar Biasa) pada kasus gangguan ginjal akut pada anak. Hal ini mengingat banyaknya korban kasus tersebut.

“Opsi penetapan KLB harus dipertimbangkan dan mulai dibahas oleh pemerintah,” ujar Netty Prasetiyani melalui gawai, Sabtu (22/10/2022).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), gangguan ginjal akut pada anak hingga saat ini lebih dari 200 kasus. Ia menyebut, kasus tersebut semacam gunung es. Dan diperkirakan masih banyak lagi kasus tersebut di luar.

“Ada dugaan kuat bahwa data riil kasus gangguan ginjal akut pada anak-anak itu lebih banyak lagi. Jadi sistem surveilans kesehatan Indonesia masih harus diperbaiki di sana-sini,” katanya.

Dikatakan dia, penetapan KLB pada kasus gangguan ginjal akut pada anak harus menunggu hasil kerja tim yang dibentuk oleh pemerintah. Mereka harus melakukan penelusuran mendalam terkait kasus tersebut.

“Tim harus bekerja sigap dan ekstra, agar hasilnya segera ada. Baik itu menyangkut penyebab, gejala, upaya penanganan lainnya,” katanya.

“Sampai saat ini kita masih belum dapat mengungkap banyak terkait kasus gangguan ginjal misterius ini,” imbuhnya.

Ia menegaskan, penyelidikan terkait kasus tersebut harus dipercepat. Hal ini untuk menghindari semakin banyak korban yang berjatuhan.

“Pemerintah harus memberi dukungan maksimal agar tim dapat bekerja menunaikan tugasnya dengan cepat. Ini perkara prioritas yang harus diselesaikan,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version