Pertumbuhan Champion Petani Milenial Digencarkan Lewat Akses Tani Akur

Pertumbuhan Champion Petani Milenial Digencarkan Lewat Akses Tani Akur - champion wirausaha - www.indopos.co.id

Menumbuhkan champion melalui Tani Akur di Makassar, Minggu (23/10/2022). (Dok Kementan)

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) diminta, menggencarkan pertumbuhan champion (jagoan) petani milenial lewat akses Tani Akur.

Melalui program Tani AKUR, Kementan menjadikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai salah satu sumber pembiayaan yang dapat mempermudah akses petani milenial terhadap pembiayaan dari perbankan penyalur KUR.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengharapkan, keberadaan KUR ini bisa menjadi solusi bagi para pelaku usaha pertanian yang mengalami keterbatasan modal.

“Untuk itu, melalui program strategi Tani Akur, Kementan menjadikan KUR akan berdampak pada meningkatnya produktivitas sektor pertanian nasional,” kata Syahrul dalam keterangannya diterima, Selasa (25/10/2022).

Menindaklanjuti program ini, diselenggarakan rapat koordinasi bersama para Kepala Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan BPPSDMP yakni UPT Pendidian dan Pelatihan guna mendorong peserta didik, alumni, serta petani milenial dengan usia 19-39 tahun menumbuhkan champion melalui Tani Akur di Makassar pada, Minggu (23/10/2022) kemarin.

Sependapat, Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi menambahkan, sesungguhnya Tani Akur adalah program pembangunan bagi wirausaha muda di sektor pertanian.

“Program Tani Akur ini dapat menjawab tantangan pembangunan pertanian kita. Ingat keberlanjutan pertanian kita tergantung regenerasi petani kita. Di saat yang sama, pembangunan pertanian kita juga tergantung dengan kesuksesan program agribisnis pertanian,” kata Dedi.

Adapun secara keseluruhan, program terbagi dalam sejumlah tahapan, yang berlangsung sejak pekan ke-3 bulan ini hingga pekan ke-3 November 2022 mendatang dengan rincian minggu ke-3 Oktober 2022 sosialisasi dan identifikasi peserta oleh UPT BPPSDMP.

Pada minggu ke-4 Oktober 2022 seleksi awal peserta yang terdiri dari peserta didik, alumni, dan petani milenial UPT BPPSDMP; minggu ke-1 November 2022 Pelatihan literasi keuangan dan proposal usaha secara online bagi 200 peserta yang terdiri atas 10 orang per UPT.

Selanjutnya, minggu Ke-2 dan 3 November 2022 seleksi lanjutan untuk mendapatkan 200 peserta yang lolos akses KUR serta minggu Ke-3 November 2022 Investment Day dan Festival Polbangtan/PEPI di PEPI Serpong. (dan)

Exit mobile version