Tiba Hari Ini, 10 Vial Antidotum Gagal Ginjal Akut Dididatangkan dari Singapura

Jubir-Kemenkes-Mohammad-Syahril

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril memberikan keterangan soal update kasus gagal ginjal akut di Indonesia. Foto: YouTube Kemenkes

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mendatangkan 10 vial obat penawar Fomepizole dari negara tetangga yaitu, Singapura untuk pasien gangguan ginjal akut misterius (acute kidney injury/AKI). Obat penawar itu bakal tiba di Indonesia, Kamis (27/10/2022).

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan, pengiriman sejumlah obat penawar itu merupakan tahap kedua yang dipesan pemerintan. Sebelumnya 20 vial lainnya sudah datang lebih dulu pada 10 dan 18 Oktober 2022.

“10 vial yang datang hari ini, akan didistribusikan ke semua rumah sakit rujukan pemerintah yang merawat pasien (gagal ginjal akut),” kata Syahril dalam jumpa pers virtual, Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Belum lama ini, sebanyak 16 vial obat penawar telah datang dari Australia dan sudah didistribusikan ke rumah sakit rujukan di sejumlah kota besar di Indonesia antara lain, Padang, Surabaya, Medan, dan Aceh.

“Jadi 30 (vial obat penawar) dari Singapura. (sebanyak) 16 vial dari Australia,” beber Syahril.

Kemenkes berencana mendatangkan ratusan vial dari Jepang dan Amerika Serikat. Penawar ini akan segera didistribusikan ke RS rujukan pemerintah.

“Obat ini gratis,” terang Syahril

Dari hasil pemberian obat Fomepizol di RSCM, 10 dari 11 pasien terus mengalami perbaikan klinis. Tidak ada kematian dan tidak ada perburukan lebih lanjut. Anak sudah mulai dapat mengeluarkan air seni (BAK). Dari hasil pemeriksaan laboratorium, kadar etilen glikol (EG) dari 10 anak tersebut sudah tidak terdeteksi zat berbahaya tersebut.

Sebagai tindak lanjut hasil pengujian dan pengumuman oleh BPOM, maka Kemenkes telah mengeluarkan surat edaran untuk dapat digunakan kembali obat-obatan sejumlah 156 sesuai Kepmenkes Nomor HK.02.02/III/3515/2022 tentang Petunjuk Penggunaan Obat Sediaan Cair/Sirop Pada Anak tertanggal 24 Oktober 2022.

Data terbaru kasus gagal ginjal akut dilaporkan mencapai 269 kasus yang tersebar di sejumlah provinsi Tanah Air. Sebelumnya terdapat 251 kasus gagal ginjal akut yang berasal dari 26 provinsi hingga, Senin (24/10/2022) kemarin.(dan)

Exit mobile version