Semangat Pemuda untuk Kebangkitan Industri Dirgantara

Peluncuran-Buku-Ilham-Akbar

Ilham Akbar Habibie (tengah) meluncurkan buku yang berjudul 'Kebangkitan Industri Dirgantara Menuju Indonesia Emas 2045' pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2022). Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Ilham Akbar Habibie meluncurkan buku yang berjudul ‘Kebangkitan Industri Dirgantara Menuju Indonesia Emas 2045’ pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2022).

Mengusung tema ‘Semangat Pemuda’, Ilham terinspirasi nasihat sang ayah B.J. Habibie, yakni ‘Kalau bukan anak bangsa ini yang membangun bangsanya, siapa lagi? Jangan saudara mengharapkan orang lain yang datang membangun bangsa kita’.

Dari ungkapan itulah Ilham mengajak semua elemen masyarakat untuk bergerak menuju ke arah yang lebih baik, karena masa depan Indonesia ditentukan oleh keunggulan sumber dayanya.

Oleh karena itu, Ilham mengangkat bidang kedirgantaraan, kemaritiman dan digitalisasi demi mencapai Indonesia Emas 2045, khususnya pemerintah juga dilibatkan untuk bisa sama-sama memajukan industri ini dan menjadi perhatian agar ke depannya bisa bersaing dengan negara-negara asing yang sudah lebih maju.

“Membangun industri kedirgantaraan, membutuhkan ekosistem kedirgantaraan. Karena ekosistem industri dirgantara, akan menghasilkan snowball effects bagi industri lainnya seperti pendidikan, manufaktur, mesin dan lainnya,” kata Ilham.

Namun, mustahil membangun industri kedirgantaraan dan ekosistemnya, tanpa dukungan pemerintah, serta anak muda yang memiliki gagasan dan pemikiran yang bisa membawa perubahan.

Selain itu, tokoh-tokoh Indonesia dan anak muda juga akan tampil dengan membawa semangat perubahan agar bisa sama-sama berkolaborasi dalam menciptakan inovasi serta gagasan yang memiliki dampak signifikan dalam memajukan Indonesia pada tahun-tahun mendatang.

Dalam rangkaian peluncuran buku ini, ada juga deklarasi Sumpah Pemuda yang disampaikan para mahasiswa yang hadir agar apa yang dibahas dalam forum acara ini menjadi hal yang serius dan dapat direalisasikan.(rmn)

Exit mobile version