Gelar Peringatan Maulid Nabi, Masjid Al-Madinah Zona Madina Dompet Dhuafa Mengembangkan Peradaban Melalui Masjid

Dompet Dhuafa

Peringatan Maulid Nabi di Masjid Al-Madinah Zona Madina Dompet Dhuafa. Foto: Dompet Dhuafa for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Masjid Al-Madinah Zona Madina Dompet Dhuafa, Jumat (28/10/2022), menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi diikuti oleh ratusan masyarakat yang berasal dari Kabupaten Bogor yang bertempat di Masjid Al Madinah di Zona Madina Dompet Dhuafa, Jampang, Bogor, Jawa Barat.

“Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan dapat menjadi wasilah pengembangan dakwah bersama masyarakat dan tokoh agama diwilayah Kemang Kabupaten Bogor serta dapat menjadi satu bagian pembentukan karakter islami di masyarakat secara nasional,” ujar Direktur Zona Madina, UdhiTri Kurniawan.

Berdiri di atas lahan sekitar 2.763 meterpersegi, kehadiran Masjid Al Madinah Dompet Dhuafa menjadi pusat keunggulan seiring dengan fungsi utamanya sebagai tempat ibadah. Masjid Al Madinah memiliki luas bangunan sekitar 2.400 Meter persegi dengan total luas ruang salat sekitar 1.300 Meter Persegi, serta memiliki kapasitas jamaah sebanyak 2.247 orang.

Pada acara tersebut hadir juga Kepala Desa Jampang, Wawan Hermawan yang dalam sambutannya Wawan menyampaikan pentingnya hidup rukun dalam bermasyarakat dan selalu meneladani Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan ibadah.

Peringatan Maulid Nabi dilanjutkan dengan tausyiah oleh Ustad Haikal Hasan. Dalam ceramahnya Ustad Haikal Hasan menyampaikan makna dibalik peristiwa kelahiran Nabi pada pembukaan awal ceramah. Ustad juga mengajak para jamaah untuk memberikan teladan yang baik dengan merujuk akhlak mulia Rasulullah SAW sebagai uswatun hasanah dalam rangka mendidik dan membentuk karakter generasi saat ini.

“Jadikan sholawat kepada Rasulullah SAWsebagai penolong kita dari neraka” lanjut Ustad Haikal Hasan dalamceramahnya. “Sebagai umat islam, jadilah manusia yang berakhlak mulia dansaling bersaudara, jangan sampai kita menjadi umat yang terpecah belah,” tuturnya. Ustadz Haikal Hasan juga menyampaikan untuk selalu meneladani sunah-sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW mengakhiri ceramahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustad Haikal Hasan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memupuk rasa cinta masyarakat kepada Allah dan RasulNya Ustad Haikal Hasan hadir sebagai penceramah dengan tema “Meneladani Akhlak Rasulullah SAW”.

Salah seorang Jamaah yang hadir, Ibu Soibah yang berasal dari Desa Jampang menyampaikan bahwa beliau sangat bersyukur sekali dengan adanya perayaan maulid Nabi SAW oleh Zona Madina dompet Dhuafa, dan banyaknya jamaah yang hadir adalah sebuah kecintaan kami para majelistaklim untuk terus bersilaturahim dan belajar akan syiar Islam.

Dompet Dhuafa terus mengembangkan peradaban melalui masjid. Hal ini sesuai dengan semangat Pemerintah yang juga akan terus menebar pembangunan masjid-masjid sebagai pusat peradaban untuk mengembangkan perekonomian, pendidikan, kesehatan dan juga budaya. Masjid ini dibangun sebagaimana visi Dompet Dhuafa untuk mengembangkan kawasan Zona Madina seluas 6,4 hektar. Sebuah kawasan yang mampu mewujudkan kebermanfaatan maksimal bagi masyarakat Indonesia. Khususnya kawasan Jampang dalam bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan syiar Islam. (adv)

Exit mobile version