Ini Tips Menjaga Rekam Jejak di Ruang Digital

Ini Tips Menjaga Rekam Jejak di Ruang Digital - zoom - www.indopos.co.id

Webinar literasi digital di lingkungan pendidikan. Foto: Aplikasi Zoom. Foto: Kemenkominfo for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya menyatukan Indonesia dengan memperluas akses internet dan pemanfaatan teknologi informasi, agar masyarakat mendapatkan hak yang sama.

Koordinator Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso menyatakan, upaya-upaya tersebut dikemas melalui sejumlah program literasi digital.

“Kami berharap teman-teman pemuda di sini, mempunyai semangat luar biasa mendorong kemajuan Indonesia melalui kemampuan kecakapan digitalnya,” kata Bambang saat kegiatan webinar literasi digital di lingkungan pendidikan, Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Pandu Digital Madya Indonesia Agus Indira mengatakan, segala aktivitas dan interaksi seseorang di media sosial dapat menjadi sebuah bukti yang berpotensi dicari, dicuri, dipublikasi dan diikuti oleh orang lain.

Ada beberapa tips dalam menjaga dan memahami rekam jejak digital, di antaranya: selalu unggah hal positif, cermat dan jeli menganalisis di aktivitas internet, berpikir kembali sebelum mengunggah postingan dan melakukan verifikasi menerima dan menyebarkan informasi.

“Kesimpulannya, jejak digital ini akan selalu ada. Untuk itu, ketika kamu membangun sebuah akun di media sosial, kamu punya pilihan rekam jejak seperti apa yang ingin kamu bangun dan tinggalkan?” tegasnya.

Jawara Internet Sehat Jabodetabek, Tiara Lestari mengatakan, era digital membuka peluang dan kesempatan menghasilkan produktivitas. Seperti munculnya beragam profesi dan bidang usaha baru yakni, content creator, software engineering, social media specialist, dan lainnya.

Kesempatan tersebut memungkinkan seseorang untuk mendapatkan sumber penghasilan. Kuncinya adalah kemauan untuk belajar. “Di era digital ini, untuk menjadi orang yang produktif, kita harus menguasai Critical Thinking, Creativity, Communication dan Colaboration,” imbuh Tiara. (dan)

Exit mobile version