Wujudkan Karakter Tangguh dan Berdaya Saing, Mendikbudristek: SMK Pusat Keunggulan Jadi Terobosan

nadiem

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam acara daring. Foto: Kemdikbudristek untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menekankan perlunya pengembangan karakter tangguh dan berdaya saing pada peserta didik SMK, untuk kemajuan bangsa Indonesia. Salah satunya melalui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Karakter tangguh pelajar ini akan membangun keberanian mereka untuk bersaing dan melompat ke depan,” ujar Nadiem Makarim dalam keterangan, Selasa (8/11/2022).

Ia menyebut, Kemendikbudristek memiliki terobosan program SMK Pusat Keunggulan. Program ini telah menjangkau lebih dari 1.400 SMK dan memberikan dampak nyata pada 1.4 juta peserta didik.

“Tidak hanya melalui pengembangan sarana dan prasarana, tetapi juga dari implementasi Kurikulum Merdeka yang menjadi kewajiban bagi SMK Pusat Keunggulan untuk melahirkan insan-insan vokasi yang berkarakter tangguh, berkarya, dan kontribusi terhadap pembangunan bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yuliati mengingatkan peserta didik SMK sebagai insan vokasi untuk terus berkarya dan berinovasi. Sehingga mampu bersaing memasuki dunia kerja, mandiri dalam berwirausaha, serta mampu menempuh pendidikan lebih lanjut.

“Adik-adik semua, Anda adalah calon pemimpin bangsa di masa depan. Bangsa dan negara sangat membutuhkan kontribusi dan peran aktif serta produktif dari kalian semua,” ungkapnya.

“Agar bisa terus berkarya dan berinovasi, para siswa SMK bisa belajar dari lingkungan dan alam sekitar, serta belajar melalui beragam pengalaman. Jadi tidak hanya di sekolah saja,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version