DMC Dompet Dhuafa Respon Banjir Bandang, Siagakan Ambulans hingga Distribusi Logistik

Dompet Dhuafa

DMC Dompet Dhuafa bantu warga penyintas membersihkan sisa puing rumah yang rusak akibat banjir bandang di Kabupaten Banyuwangi. Foto: Dompet Dhuafa for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Banjir bandang merusak puluhan rumah warga di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Hujan deras yang mengguyur membuat Sungai Yas di Desa Kalibaru Wetan Banyuwangi meluap pada Kamis lalu (3/11/2022).

Akibatnya puluhan rumah warga di wilayah tersebut terdampak banjir hingga setinggi dada orang dewasa. Puluhan rumah warga dilaporkan rusak berat dan bahkan sampai ada yang lenyap ,sementara itu untuk jembatan penghubung antar dusun juga ambruk tersapu banjir.

Dompet Dhuafa Jawa Timur dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menurunkan satu (1) armada ambulans, membuka Pos Hangat, menyalurkan 50 paket sembako, distribusi 250 bungkus makanan siap saji, dan membantu warga penyintas membersihkan sisa puing rumah yang rusak akibat banjir bandang.

“Dompet Dhuafa Jawa Timur ikut berduka atas musibah yang terjadi dan sudah menurunkan tim untuk melakukan respon dan bersih-bersih rumah serta fasilitas umum di lokasi terdampak,” jelas Kholid Abdillah selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur melalui pesan singkat.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan tercatat Desa Kalibaru Wetan memiliki kerugian sebanyak 32 rumah rusak berat, satu (1) jembatan putus, tiga (3) unit mobil hanyut, tujuh (7) unit motor hanyut, dan terputusnya saluran air bersih. Kemudian ada tiga (3) ekor sapi dan 14 ekor kambing turut serta terbawa arus.

Sedangkan di Desa Kajarharjo terdapat dua (2) jembatan putus yang juga memutuskan saluran air bersih.

Kemudian di Desa Kalibaru Kulon terdapat dua (2) toko rusak berat, satu (1) rumah rusak berat, satu (1) pagar koramil rusak berat, dan satu (1) pagar Polsek rusak berat.

Lalu banjir menggenangi jalan di Desa Kalibarumanis. Terakhir di Desa Banyuanyar satu (1) pagar rusak dan merendam sebagian jalan.

Hingga Jumat (04/11/2022) belum ada data korban jiwa. Namun tim masih akan terus melakukan pendataan terbaru. Terhitung sekitar 30 orang mengungsi. Sebagian warga sudah mulai melakukan kegiatan bersih-bersih puing sisa rumah yang rusak akibat banjir bandang.

Saat ini penyintas membutuhkan bantuan darurat berupa makanan siap saji, air bersih, dan hygiene kit. Dompet Dhuafa membuka pos di Desa Kalibaru Wetan. Masyarakat bisa turut serta dalam membantu penanganan bantuan bagi warga terdampak dengan mengunjungi tautan https://donasi.dompetdhuafa.org/indonesiasiapsiaga/ . Masyarakat bisa juga mendatangi pos Dompet Dhuafa di Desa Kalibaru Wetan.

“Kami turut berduka cita atas apa yang menimpa warga. Kami akan terus dan memberikan berita terbaru perkembangan penanganan emergency response di sana. Semoga warga terdampak selalu berada dalam perlindungan Allah SWT dan berikan ketabahan sebesar-besarnya bagi warga penyintas maupun relawan yang bertugas. Mohon doa dan dukungannya selalu,” terang Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa melalui pesan singkat. (adv)

Exit mobile version