Rektor: Sandang PTN-BH, UT tak Naikkan UKT

Wisuda-UT

Rektor Universitas Terbuka (UT). Prof. Ojat Darojat (kanan). Foto: Nasuha/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Universitas Terbuka (UT) menjadi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Memiliki 420 ribu lebih mahasiswa yang tersebar di Nusantara dan 50 negara.

Pernyataan tersebut diungkapkan Rektor UT Prof. Ojat Darojat di sela-sela seminar wisuda di kampus UT, Senin (21/11/2022).

Ia menyebut, UT juga menjadi perguruan tinggi dengan alumni terbanyak, yakni 2 ribu alumni. Dan menjadi perguruan tinggi unggulan pada pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“UT juga menjadi perguruan tinggi yang menjawab pemerataan akses pendidikan,” kata Prof. Ojat.

Selain itu juga, lanjut dia, UT memberikan kepada mahasiswa yang sudah bekerja dan berkeluarga. Dan melayani mahasiswa di daerah.

“Mereka yang bekerja bisa meningkatkan kompetensi. Dan UT menjawab lulusan SMA yang tidak tertampung di perguruan tinggi negeri (PTN),” ungkap Prof. Ojat.

Lebih jauh ia mengungkapkan, UT kini telah menjadi perguruan tinggi dengan status PTN-BH. Namun demikian, UT tidak akan menaikkan UKT (uang kuliah tunggal) bagi mahasiswa.

“Kami tetap tidak menaikkan UKT pascamenyandang status PTN-BH. Dan kami juga perluas sentra layanan UT (Salut) hingga ke daerah pinggiran,” terangnya.(nas)

Exit mobile version