Baterai UPS Jadi Penyebab Ruang Badan Intel Polri Terbakar

Baterai UPS Jadi Penyebab Ruang Badan Intel Polri Terbakar - kebakaran - www.indopos.co.id

Ilustrasi kebakaran. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Kebakaran sempat melanda Gedung Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada, Kamis (24/11/2022) malam. Sumber api berasal dari salah satu ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam).

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, kebakaran itu diakibatkan gangguan yang dialami dua baterai UPS (uninterruptible power supply).

“Infonya ada dua baterai UPS yang mengalami gangguan yang, mengakibatkat kepulan asap saat dipadamkan dengan menggunakan APM biasa,” kata Ramadhan saat dihubungi melalui gawai, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Dua baterai itu hendak dibawa ke luar ruangan oleh teknisi. Namun, terjadi percikan api. Baterai UPS merupakan sebuah alat yang menjadi andalan ketika aliran listrik dari PLN terputus.

“Baterai tersebut akan dipindahkan keluar kantor oleh teknisi tapi, mengalami semacam hubungan pendek yang mengakibatkan percikan api,” tutur Ramadhan.

Ia menambahkan, proses pemadaman si jago merah terbilang cepat. Meski ruangan tersebut sempat diselimuti asap tebal.

“Tapi sudah bisa dikendalikan dan tidak ada barang-barang lain yang terbakar. Demikian info dari Wakabik (Wakabaintelkam Polri) yang ada di lokasi,” jelas Ramadhan.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Ruwanto mengatakan, informasi kebakaran itu dilaporkan anggota Polri ke pos pemadam.

“Terima berita (kebakaran) sekira 22.15 WIB. Alamat TKP Gedung Mabes Polri, objek ruangan intel,” kata Ruwanto dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (24/11/2022. Empat unit mobil pemadam kebakaran sempat dikerahkan. (dan)

Exit mobile version