BPBD Sumbar Kirim 1,3 Ton Rendang untuk Korban Gempa Cianjur

BPBD Sumbar Kirim 1,3 Ton Rendang untuk Korban Gempa Cianjur - bus bnpb - www.indopos.co.id

Kendaraan truk serbaguna milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang memuat 1,3 ton paket rendang saat hendak diberangkatkan dari Kantor BPBD Sumbar, Jumat (25/11/2022). Foto: Dokumen BPBD Sumbar

INDOPOS.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat mengirimkan 1,3 ton paket rendang diberikan kepada warga terdampak gempabumi berkekuatan magnitudo 5.6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat.

Paket rendang itu diberangkatkan menggunakan jalur darat pada Jumat (25/11/2022) dan dijadwalkan tiba di Cianjur pada Minggu (27/11/2022) lusa.

Paket rendang yang akan diserahkan secara simbolis telah diberangkatkan menggunakan jalur udara dan dikawal langsung Gubernur Provinsi Sumbar Mahyeldi Ansharullah bersama Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Jumaidi.

Kasie Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumbar Ilham Wahab mengatakan, bahwa paket rendang dikumpulkan dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, BUMN, lembaga, UMKM dan relawan masyarakat.

Ilham memastikan, paket rendang yang dikirim tersebut memiliki ketahanan sampai 1 bulan sehingga sangat layak dikonsumsi secara langsung oleh warga terdampak.

“Dari seluruh OPD di Sumatera Barat jumlahnya beragam. Ada yang 10 kilo, ada yang 20 kilo, ada yang 30 kilo. Ada dari BUMN, Baznas dan ada juga dari UMKM,” kata Ilham dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Pengiriman paket rendang untuk pemenuhan kebutuhan permakanan bagi warga terdampak, bencana oleh Pemerintah Provinsi Sumbar bukan menjadi yang pertama kalinya dilakukan.

Pemerintah Provinsi Sumbar juga telah mengirimkan paket rendang bagi penanganan bencana yang terjadi di sejumlah wilayah, seperti peristiwa Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang, bencana banjir dan longsor di Aceh, Bengkulu, Dumai, kemudian juga gempabumi dan tsunami di Palu dan sebagainya. (dan)

Exit mobile version