Bantu Korban Gempa Cianjur, TNI AL Miliki Rumah Sakit Lapangan Canggih

tni

Rumah sakit lapangan milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Lauta (TNI AL). Foto: Dokumen TNI AL

INDOPOS.CO.ID – Satuan Tugas (Satgas) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Lauta (TNI AL) memiliki kekuatan pelayanan kesehatan dan distribusi bantuan kepada korban pascagempa Cianjur. Terbukti rumah sakit lapangan yang didirikan lebih canggih, mampu melaksanakan operasi mandiri.

Komandan Tim Kesehatan Satgas Gulben TNI AL Peduli Cianjur Letkol Laut (K) dr. Suryantoko menyatakan, pelayanan Kesehatan yang diberikan cukup luas, selain medannya sulit trauma yang diderita korban bencana banyak memerlukan penanganan serius.

“Hari ini ada pasien dengan permasalahan dislokasi tulang paha karena tetimpa reruntuhan bangunan, yang perlu dirujuk untuk penanganan dengan peralatan yang lebih lengkap,” katanya dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Peralatan yang dibutuhkan tengah disiapkan oleh tim Kesehatan Pasmar-2 yang baru didirikan di desa Bojong kecamatan Karang Tengah, Cianjur.

“RS lapangan ini mampu menangani pasien yang lebih berat,” ucap dr. Suryantoko.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono telah mengamanatkan kepada Satgas TNI AL memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki TNI AL, untuk penanganan issue kemanusiaan dan bencana alam sampai tuntas.

Seluruh personel agar cepat tanggap dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Ini Langkah yang harus diambil bersama untuk membantu saudara-saudara setanah air yang sedang mengalami bencana.

Satgas TNI AL Peduli Cianjur pada hari ke-6 mendapat perkuatan dari Pasukan Marinir-2 (Pasmar-2) utamanya dari Batalion Kesehatan-2 Marinir yang markasnya di Surabaya. Personel Marinir dengan total jumlah 83 orang ini sebelumnya dilepas Komandan Pasmar-2 Brigjrn TNI (Mar) Suherlan, menuju Cianjur. (dan)

Exit mobile version