Manfaatkan Inovasi Teknologi, Regenerasi Sektor Pertanian Harus Inovatif

Manfaatkan Inovasi Teknologi, Regenerasi Sektor Pertanian Harus Inovatif - Pemuda Tani Indonesia - www.indopos.co.id

Pemuda Tani Indonesia menggelar kegiatan Tani Expo 2022 Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 di Jakarta. Foto: Dok Pemuda Tani Indonesia for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Teknologi pertanian saat ini telah berkembang. Sumber daya manusia di bidang agroindustri harus merangkul transformasi digital. Terlebih regenerasi pertanian harus terus berjalan secara berkesinambungan.

Seperti halnya dilakukan, Pemuda Tani Indonesia menghadirkan produk-produk unggulan serta inovasi teknologi pertanian dalam Pemuda Tani Expo 2022 bertema “Transformasi Petani Indonesia”.

“Kegiatan ini merupakan upaya, mendorong kader Pemuda Tani menunjukan hasil inovasinya di bidang pertanian dan bagi yang belum mengerti dunia pertanian,” kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Pemuda Tani Indonesia Budisatrio Djiwandono di Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Pemuda Tani Indonesia telah menyeleksi 75 orang dari berbagai daerah di tanah air pemilihan Duta Pemuda Tani. Dari jumlah tersebut diseleksi menjadi lima orang finalis.

Selanjutnya diberangkatkan langsung dari Nanggroe Aceh Darussalam, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan ke Jakarta mempresentasikan usaha pertanian mereka.

“Pemuda Tani Expo memberikan ruang bagi anak-anak muda sudah menekuni dunia pertanian, kisah sukses mereka dapat kita gaungkan supaya masyarakat dapat berpikir dunia pertanian itu asik, keren dan menguntungkan,” ucap Budisatrio.

Ia mencontohkan, salah satu perusahaan rintisan bidang pertanian dalam kegiatan tersebut mengenalkan teknologi drone dan sensor untuk membaca kebutuhan tanah. “Kebutuhan pupuk dan air,” tuturnya.

Sekretaris Jenderal DPP Pemuda Tani Indonesia Suroyo mengajak organisasi mahasiswa Pertanian, Peternakan dan perikanan terus mendorong semangat anak muda membangun sektor yang dikuasainya.

“Kami berharap bisa membangun organisasi ini sampai terbentuk perwakilan diberbagai daerah di Indonesia, Ini menjadi tekad kami dengan semangat anak-anak muda,” imbuh Suroyo. (dan)

Exit mobile version