Raih Penghargaan, Siswa Jatim Lolos Terbanyak SBMPTN dan SNMPTN 2022

snmptn

Peserta SNMPTN ikuti seleksi. (dok INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Penghargaan ini merupakan kinerja dan ihtiar bersama seluruh elemen strategis pendidikan di Jawa Timur (Jatim). Tentunya juga sebagai pembuktian bahwa perencanaan terkait skala prioritas di bidang pendidikan sejalan dengan prioritas dalam pembangunan nasional utamanya pengembangan sumberdaya manusia.

Pernyataan tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dilansir dari laman Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, Minggu (27/11/2022). Mantan Menteri Sosial RI tersebut mengatakan, buah prestasi yang diraih oleh Jawa Timur juga sebagai indikator untuk memastikan bahwa layanan pendidikan di Jawa Timur dapat memberikan pelayanan dan kualitas terbaik bagi masyarakat.

“Kami apresiasi apresiasi kepada semua pihak baik dari jajaran Pemprov, kabupaten dan kota yang telah bekerja keras menjaga marwah dan kualitas pendidikan di Jawa Timur,” katanya.

Ia menyebut, penghargaan ini juga berkat kerja keras insan tenaga pendidikan yang terus memajukan pendidikan di Jawa Timur. “Tak berhenti disini, kami terus mengembangkan berbagai strategi yang dilakukan Pemprov Jatim untuk meningkatkan akses dan pemerataan kualitas pendidikan bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Menurut dia, besaran dana APBD Pemprov Jatim di sektor pendidikan tidak hanya diperuntukkan bagi pendidikan yang berada dibawah kewenangan Pemprov saja (SMA, SMK, SLB), namun juga dialokasikan untuk peningkatan kualitas di tingkat Madrasah Aliyah dan Madrasah Diniyah.

Perlu diketahui, Pemprov Jawa Timur berhasil di bidang pendidikan. menduduki peringkat tertinggi di Indonesia dengan perolehan siswa Jawa Timur menjadi yang terbanyak lolos SBMPTN dan SNMPTN 2022. Termasuk Jatim menjadi juara umum Olimpiade Sains Nasional 2022 untuk ketiga kalinya mulai 2020, 2021 dan 2022.

Atas capaian tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima apresiasi sebagai Governor of the year for Education and Empowerment 2022. Penghargaan tersebut juga didasari atas kinerja pendidikan di Jatim yang dinilai mendapatkan penilaian tertinggi di Indonesia versi Kemendagri 2021 yang diumumkan 2022.

Kemendagri menilai indeks kinerja pendidikan Jawa Timur mencapai 4,2308 poin mengungguli 33 provinsi yang lain di Indonesia. Selain itu, pada Agustus tahun 2022, dalam rangka HUT LAN RI ke 64 Pemprov Jatim mendapatkan dua kategori Penghargaan, yakni Terbaik I Lembaga Pelatihan Tingkat Pemerintah Daerah dan Inovasi Pengembangan Materi Micro Learning. (nas)

Exit mobile version