Calon Panglima TNI, Pengamat: Sosok Laksamana Yudo Sudah Tepat

Calon Panglima TNI, Pengamat: Sosok Laksamana Yudo Sudah Tepat - ksal yudo - www.indopos.co.id

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono. Foto: Instagram/@yudo_margono88

INDOPOS.CO.ID – Pengamat Militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menilai penunjukan Laksamana Yudo Margono menggantikan Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa sangat tepat.

“Kita butuh sosok Panglima yang kuat secara manajerial, punya kemampuan berfikir strategis dan membangun komunikasi sosial, namun tetap low profile, terutama dalam hal-hal yang bersifat politis,” ujar Khairul Fahmi melalui gawai, Senin (28/11/2022).

Menurut dia, siapa pun yang menjadi Panglima TNI akan dihadapkan pada sejumlah tantangan besar. Seperti isu lingkungan strategis, pengembangan organisasi, moral dan kompetensi prajurit, modernisasi alutsista dan kesejahteraan prajurit.

“Isu disharmoni ke depan jangan ada lagi, baik di internal TNI,” katanya.

“Jangan ada pengabaian terhadap prinsip-prinsip supremasi sipil dan demokrasi, hanya karena persoalan suksesi Panglima TNI,” imbuhnya.

Ia berpesan, Panglima TNI yang baru nanti harus meneruskan hal-hal baik yang terkait dengan upaya membangun TNI yang tangguh, mumpuni dan profesional.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani menerima surat presiden (Surpres) calon Panglima TNI atas nama Laksamana TNI Yudo Margono yang diusulkan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang segera memasuki masa pensiun. (nas)

Exit mobile version