Polri Ungkap Dugaan Penyebab Helikopter Jatuh di Perairan Belitung Timur

Helikopter

Ilustrasi helikopter. (Freepik)

INDOPOS.CO.ID – Helikopter milik Polri yang jatuh di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, pada Minggu (27/11/2022), diduga karena cuaca buruk.

Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto menyatakan, simpulan itu berdasar perkembangan pencarian dan temuan-temuan yang berhasil diperoleh Tim SAR di lapangan.

Sejumlah material dari kendaraan besi tersebut telah ditemukan. Terlebih seorang nelayan melaporkan telah ditemukan sandaran kursi penumpang helikopter di Perairan Manggar Belitung dekat pantai semalam.

“Dengan temuan itu dapat disimpulkan pesawat heli P 1103 jatuh karena cuaca di perairan Manggar,” kata Arief kepada wartawan di Jakarta, Senin (28/11/2022).

Upaya pencarian hilang kontaknya helikopter Polairud tipe NBO 105 itu terus dilanjutkan. Sementara perkembangan akan disampaikan.

“Kabaharkam, Kakorp Pol Airud, Kakorp Binmas dan Dir Pol Air dalam perjalanan ke TKP. Perkembangan akan dilaporkan,” tutur Arief.

Helikopter hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung sejak kemarin. Helikopter milik Baharkam Polri itu dioperasikan (bawah komando operasi/BKO) oleh Polda Kalimantan Tengah.

Helikopter itu hilang kontak setelah melewati cuaca buruk dan turun ke ketinggian 3.500 kaki. Ada dua helikopter Polairud Polri melakukan penerbangan dari Palangkaraya menuju Pangkalan Bun, yakni Helikopter nomor register P-1103 dan P-1113. (dan)

Exit mobile version