DPR Apresiasi Sikap Loyal KSAD pada Calon Panglima TNI Yudo

ksau

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (pojok kiri) dan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman (tengah) dampingi Laksamana TNI Yudo Margono di DPR. (Dok Humas Polri)

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menyampaikan apresiasi kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menunjukkan sikap loyalitasnya kepada calon Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

“KSAD (Dudung Abdurachman) kompak dengan pak Yudo (KSAL Yudo Margono) adalah bagus, mereka adalah Negarawan,” kata Kharis saat dihubungi, Jakarta, Selasa (6/11/2022).

Menurutnya, sudah tepat KSAD Dudung mendampingi KSAL Yudo saat uji kelayakan dan kepatutan di DPR baru-baru ini. Sebab, KSAL Yudo diajukan sebagai pengganti Jenderal Andika Perkasa oleh Presiden Jokowi sebagai pemegang hak proregatif dan panglima tertinggi.

“Semua kepala staf selalu kompak dan loyal kepada panglima TNI,” ujar Kharis.

Jenderal Dudung meyampaikan dukungannya kapada KSAL Yudo menjadi panglima TNI. “Selama Pak Yudo sudah melaksanakan fit and proper test dengan baik, dan intinya nanti beliau menjadi Panglima TNI, saya akan mendukung sebagai KSAD,” ucap Dudung di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Dia menegaskan, bahwa TNI akan semakin solid dan kompak di bawah kepemimpinan Yudo. “Iya pasti solid,” imbuhnya.

Menurut Analis Komunikasi Politik dan Militer dari Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting berpandapat, sikap loyal dan ikhlas turut ditunjukan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat mendampingi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di DPR.

Menurutnya, sikap yang ditunjukan tentu sesuai asas kepemimpinan militer. “Kedua (KSAD dan KSAU) jenderal bintang empat itu mencerminkan 11 asas kepemimpinan TNI, terutama asas satya atau loyal dan legawa atau ikhlas,” ucap Ginting melalui gawai, Jakarta, Senin (5/12/2022) kemarin. (dan)

Exit mobile version