20 Tahanan Imigrasi Dipindahkan usai Kebakaran Gedung Kemenkumham

kebakaran-melahap-satu-ruangan

Ilustrasi kebakaran melahap satu ruangan. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Sejumlah tahanan keimigrasian yang merupakan warga negara asing (WNA) dievakuasi, setelah kebakaran melanda Gedung Sentra Mulia Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Koordinator Humas Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI Tubagus Erif Faturrahman mengatakan, para tahanan tersebut dipindahkan ke rumah detensi imigrasi di kawasan Jakarta Barat.

“Sudah dievakuasi di rutan imigrasi di Kalideres (Jakarta Barat,” kata Erif di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Ada 20 tahanan imigrasi yang dipindahkan ke tempat lain. Pemindahan tersebut untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat kebakaran di gedung itu.

Ia mengklaim dampak kebakaran tak terlalu parah. Sumber api diketahui berada dari lantai lima gedung tersebut. Tempat itu merupakan gudang administrasi arsip sekretariat.

“Alhamdulillah, itu hanya barang-barang lama seperti ATK yang sudah tidak terpakai,” ujar Erif.

Proses pemadaman api di area gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sudah selesai. Termasuk melakukan pendinginan. Kebakaran terjadi sekira pukul 11.00.

Plt Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan Sugeng menyatakan, api tak menjalar dan bertambah luas ke gedung atau ruangan lain. Namun, petugas pemadam kebakaran berupaya melakukan pencegahan.

“Hanya di lantai lima itu juga di gudang, tapi kita antisipasi lantai 6 dan lantai 4 seperti itu kami sedang melakukan penyisiran,” imbuh Sugeng.(dan)

Exit mobile version