KPR BTN Bantu Masyarakat Miliki Rumah Layak dan Terjangkau

Pencetus-KPR-BTN

Dirjen Perumahan bersama Pencetus KPR BTN Asmuadji. Foto : Kemen PUPR for indopos.co.id

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan adanya penyaluran KPR BTN sangat membantu masyarakat Indonesia dalam memiliki hunian layak dan terjangkau.

Selain itu, KPR BTN juga mampu mendukung terwujudnya ekosistem perumahan Indonesia yang baik dan stabil sehingga mampu menjaga stabilitas perekonomian nasional serta mendukung program perumahan.

“Kami ucapkan selamat untuk KPR BTN yang ke-46. Semoga KPR BTN bisa membantu masyarakat Indonesia untuk memiliki rumah yang layak huni,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah saat memberikan sambutan pada Puncak HUT KPR BTN ke-46 di Jakarta, Sabtu (10/12/2022).

Menurutnya, Bank BTN sangat berperan besar dalam program pembiayaan dan penyediaan perumahan di Indonesia. Selain itu, kolaborasi Bank BTN dengan berbagai pemangku kepentingan juga mendukung terbentuknya ekosistem perumahan yang baik.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama memanjatkan doa semoga para senior pendiri dan pencetus ide besar pembangunan nasional khususnya KPR BTN senantiasa sehat selalu dan diberikan kemudahan.

Kementerian PUPR juga menilai kinerja Bank BTN dalam program perumahan sudah tidak diragukan lagi dan menjadi bank yang fokus dalam pembiayaan perumahan masyarakat.

“KPR BTN sudah memasuki usia ke-46 dan sesungguhnya ada nama baik dan ikon perbankan yang kini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. KPR BTN juga mewujudkan ekosistem perumahan yang handal sehingga mampu memacu pembangunan perumahan di Indonesia,” katanya.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto juga menyatakan bahwa Bank BTN merupakan mitra kerja pemerintah yang handal dalam program perumahan. Hal itu tidak hanya dalam program rumah bersubsidi, tapi juga berperan dalam penyaluran dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sehingga mampu menjangkau lebih banyak masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Semoga Bank BTN bisa memiliki lebih banyak inovasi pembiayaan dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam mensukseskan program perumahan,” harapnya.

Lebih lanjut, Iwan menambahkan, Peringatan HUT KPR BTN ke-46 menjadi satu tonggak sejarah yang luar biasa, di mana 46 tahun yg lalu, BTN menginisiasi sebuah pola kepemilikan rumah bagi masyarakat melalui pola KPR.

Pada kesempatan ini hadir juga pencetusnya, Bapak Asmuadji yang saat ini berusia 86 tahun hadir pada perayaan 46 tahun KPR BTN ini. Semangat dan inspirasi beliau diharapkan terus menjadi semangat buat jajaran Bank BTN, Kementerian PUPR, dan seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan rumah untuk rakyat dan kepemilikan rumah juga kredit kepemilikan rumah.

“Semoga KPR BTN ke depan terus berkembang dan berinovasi, tidak hanya menyentuh sebagian kelompok masyarakat, tetapi saya berharap menyentuh seluruh lapisan dan kelompok masyarakat. KPR BTN telah berhasil menjadikan jutaan keluarga untuk memiliki rumah,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo menyatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama dari Kementerian PUPR selama ini.

Pihaknya siap berkomitmen membantu pemerintah dalam menyalurkan bantuan perumahan baik untuk masyarakat berpenghasilan tetap dan tidak tetap sehingga lebih banyak masyarakat yang bisa memiliki rumah layak dan terjangkau.

Sebagai informasi, Bank BTN berdiri pada tahun 1974 sebagai usaha pemerintah dalam melaksanakan proyek pembangunan perumahan rakyat. Pada waktu itu, BTN ditunjuk pemerintah sebagai wadah untuk membiayai pembayaran berupa pinjaman kepada pembeli rumah. KPR BTN dicetuskan oleh Asmuadji dan pertama kali disalurkan pada tahun 1976 kepada sembilan pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Tengah.

Pada Puncak HUT KPR BTN tersebut juga dilakukan doa bersama dan pemotongan tumpeng oleh Keluarga Besar Bank BTN dan mitra kerja. Selain itu juga diluncurkan BTN Properti Virtual Expo yang bisa diakses masyarakat melalui WWW. BTNPROPERTI.CO.ID mulai 10 – 31 Desember 2022.

Berbagai kemudahan bisa diperoleh masyarakat melalui pameran virtual tersebut diantaranya Promo KPR BTN dan KPR BTN iB dengan suku bunga atau margin 2,47 persen, bebas biaya proses KPR, jangka waktu KPR sampai dengan 30 tahun dan angsuran berjenjang.

Selain itu, Bank BTN juga melakukan penobatan Duta KPR BTN dan pemberian penghargaan Best Developer Award 2022.

“Kalau soal KPR pastinya masyarakat akan selalu ingat KPR BTN. Kami berharap KPR BTN bisa membantu lebih banyak masyarakat Indonesia untuk memiliki hunian yang layak dan terjangkau. Hal itu karena hidup gak cuma tentang hari ini,” katanya. (srv)

Exit mobile version