Laksamana Yudo Pastikan TNI Netral di Pemilu 2024

Laksamana Yudo Pastikan TNI Netral di Pemilu 2024 - yudo - www.indopos.co.id

Panglima TNI terpilih, Laksaman Yudo Margono. Foto: Instagram/@dpr_ri

INDOPOS.CO.ID – Panglima TNI terpilih, Laksaman Yudo Margono memastikan, seluruh personel TNI bakal bersikap netral pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

DPR telah mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI terpilih menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPR Puan Maharani.

“Saya akan jamin, tantangan netralitas TNI dalam Pemilu 2024,” kata Yudo saat jumpa pers setelah Rapat Paripurna DPR, di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (13/12/22).

Ia menegaskan, TNI sudah sejak dulu selalu mengedepankan netralitas dalam setiap agenda politik. Maka itu, semua pihak diharapkan tidak ragu terhadap prinsip sikap tersebut.

“Netralitas TNI sudah tidak perlu ditanyakan. Sejak dulu TNI pasti netral,” jelas Yudo.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, tugas dari Panglima TNI yang baru akan sangat banyak. Bukan hanya meneruskan apa yang sudah dilaksanakan melainkan mengevaluasinya.

“Memperbaiki dan memperkuat hal-hal yang harus dijalankan untuk bangsa dan negara,” ucap Puan.

Puan berharap Yudo dapat melanjutkan program-program strategis TNI yang telah dibuat sebelumnya. “Termasuk dengan pemenuhan Minimum Essential Force (MEF) yang merupakan standar kekuatan pokok dan minimum TNI,” jelas Puan.

Rapat paripurna hari ini dihadiri oleh 356 anggota legislatif dari total 575 orang. Rinciannya yang hadir secara fisik 21 orang, 195 virtual dan 140 orang menyatakan izin. (dan)

Exit mobile version