Capai Target, SDM Insan Pertanian Diapresiasi

Capai Target, SDM Insan Pertanian Diapresiasi - dedi nursyamsi - www.indopos.co.id

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi (tengah) saat jumpa pers di Ruang Diorama BPPSDMP, Jakarta. Foto: Dok Kementan

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) terus meningkatkan, kualitas dan kuantitas SDM pertanian melalui tiga pilar utama andalannya, yaitu penyuluhan, pendidikan dan pelatihan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo selaku menekankan sektor pertanian tetap menjadi penopang perekonomian terkuat di Indonesia. Meskipun ekonomi dunia saat ini dihadapkan pada ketidakpastian dan tekanan krisis akibat perang Rusia-Ukraina dan selama 2 tahun pandemi Covid-19.

“Untuk memajukan pertanian dibutuhkan kemauan yang kuat dengan tidak mengandalkan anggaran,” kata Syahrul dalam keterangannya, Rabu (14/12/2022).

Kementan juga telah melakukan berbagai upaya menjaga ketahanan pangan nasional, di antaranya melalui peningkatan kualitas dan kuantitas sdm pertanian melalui program-program utama.

BPPSDMP juga dipercaya melaksanakan program Pinjaman dan Hibah Luar Negeri (PHLN) seperti, Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative (READSI).

Selain itu, Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP), Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) dan Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) serta khususnya dalam pengembangan dan peningkatkan kapasitas SDM pertanian.

Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan peran aktif SDM pertanian, Menteri Pertanian memberikan penghargaan kepada para champion yang terdiri dari Penyuluh Petanian, Petani Millenial, P4S serta SDM Pertanian Berprestasi pada acara Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian tahun 2022 pada 15 Desember 2022 di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, sepanjang tahun 2022 telah meraih lebih dari 20 penghargaan, salah satunya dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk serial pelatihan petani dan penyuluh peserta terbanyak.

Jika kegiatan Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian Tahun 2022 merupakan agenda rutin. Acara ini tidak hanya bertujuan memberikan penghargaan saja, melainkan menyebarluaskan hasil-hasil kinerja yang telah dicapai.

“Harmonisasi artinya penyesuaian dan penyelarasan dan yang harus diharmonisasi terlebih dahulu adalah internal yang ada di BPPSDMP, baik personal, struktural, program dan kegiatan,” ucap Dedi. (dan)

Exit mobile version