Dorong Kinerja Sektor Pertanian, Kementan: Hadirkan SDM Kuat

Mentan-SYL

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (Dok Kementan)

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyatakan, sektor pertanian paling siap membangun kehidupan Indonesia yang lebih baik di masa mendatang. Karenanya sumber daya manusia (SDM) harus diperkuat.

“Salah satu yang harus didorong untuk menghadirkan pertanian bisa bicara lebih bagus, bisa berkontribusi lebih maksimal adalah hadirnya SDM yang kuat,” kata Syahrul di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, Kamis (15/12/2022).

Menurutnya, pertanian saat ini masih didominasi oleh petani yang sudah tua. Ia pun mendororng pihaknya untuk melakukan regenerasi petani.

“Bonus demografi yang kita miliki 40 persen petani muda. Petani kita sekarang rata-rata 78 persen orang tua semua. Berarti anak anak kita belum kita turunkan,” ucap gubernur dua periode Sulawesi Selatan itu.

Dalam kesempatan tersebut, ia menyerahkan 32 Sertifikat Emas atau Golden Certificate kepada champion Petani Milenial, Penyuluh Pertanian, dan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S).

Penghargaan ini diberikan langsung Mentan Syahrul pada acara Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian tahun 2022. “Saya berharap para champion lokomotif pergerakan ini harus terus bekerja lebih kuat,” harapnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi menyampaikan, Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian Tahun 2022 merupakan agenda rutin BPPSDMP.

Acara itu tidak hanya bertujuan memberikan penghargaan saja, tetapi menyebarluaskan hasil-hasil kinerja yang telah dicapai BPPSDMP serta harmonisasi dan silaturahmi SDM pertanian, agar tetap terjalin sinergi yang baik dan keseimbangan dalam melaksanakan berbagai aktivitas.

“Semuanya harus sama, denyut nadi, desahan nafas, denyut jantung harus sama,” imbuh Dedi.(dan)

Exit mobile version