Tingkatkan Kualitas SDM Unggul Berdaya Saing Global, Akademisi Apresiasi Program Presiden Jokowi

kemdikbud

Ilustrasi kampus merdeka. (Kemdikbudristek for INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai berhasil mendorong peningkatan pembangunan sumber daya manusia (SDM) Tanah Air. Sejumlah program yang diluncurkan Pemerintahan Jokowi berhasil menyasar langsung pada inti persoalan pengembangan SDM Indonesia.

Keseriusan Jokowi mendorong pembangunan SDM mendapat banyak apresiasi. Salah satunya disampaikan oleh akademisi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, M. Syafin Soulisa

Menurut Soulisa, arah kebijakan yang diluncurkan Jokowi sudah berada pada posisi yang tepat. Utamanya dalam peningkatan kualitas serta penciptaan SDM unggul berdaya saing.

Salah satu program pemerintah saat ini dalam menunjang investasi SDM adalah program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Program ini diakui sangat bagus dan tepat dalam mengembangkan bakat atau keinginan para mahasiswa diera modern saat ini.

“Program ini memberikan keleluasaan bagi siswa untuk memilih pelajaran sesuai minat mereka. Kebijakan disusun berdasarkan keinginan dan sangat memprioritaskan kebutuhan siswa, dan itu yang menjadi daya dukung,” kata M. Syafin Soulisa dalam keterangan, Jumat (16/12).

Menurut Soulisa, program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka ini adalah salah satu investasi terbaik dalam dunia pendidikan, dimana para mahasiswa diberikan kebebasan dalam mengembangkan bakat dan pengetahuan mereka pada keilmuan yang berbeda, hingga mahasiswa mampu menguasai berbagai berbagai ilmu pengetahuan.

“Saya melihatnya begitu, investasi yang cukup bagus dalam dunia pendidikan. Namun, pemerintah harus melihat persiapannya, dalam artian infrastruktur pendukung khususnya di wilayah-wilayah Indonesia Timur,” ujarnya.

Pasalnya, kata Soulisa program Merdeka Belajar dan Kampus Belajar ini sudah diluncurkan sejak awal tahun 2022 dan di kampus-kampus di kawasan Indonesia Timur belum familier dengan program tersebut. Untuk itu, perlu ada perhatian serius pemerintah baik infrastruktur pendukung.

“Merdeka belajar ini kalau dilihat dari sisi kepentingan mahasiswa itu sangat mendukung, karena mahasiswa itu kuliah tapi bisa berkeinginan apa saja,” jelasnya.

Dikatakan Soulisa, akademisi selalu memberikan dukungan penuh kepada pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi untuk mendorong kemajuan di sektor pendidikan. Selain dapat meningkatkan kompetensi diri, program tersebut juga ditujukan untuk menyiapkan SDM yang berdaya saing global. Sehingga akan berdampak positif bagi bangsa.

“Kebijakan Pak Jokowi sudah sangat tepat dalam mengantisipasi persoalan Indonesia ke depan,” ungkapnya

Lanjut Soulisa, Indonesia akan menghadapi bonus demografi dimana Pemerintah diharuskan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam menyambut Indonesia Emas 2045.

“Kan ini bagian dari langkah menyiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045. Selain itu, SDM Indonesia harus disiapkan bersaing dengan negara luar dan yang bisa melakukan itu adalah generasi saat ini,” ungkapnya,” tutupnya. (ibs)

Exit mobile version