Dorong Kepemimpinan Perempuan, Erick Thohir Luncurkan Program DAYA Srikandi BUMN di Hari Ibu

Menteri-BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Dokumen INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kementerian BUMN secara konsisten menjaga komitmen dalam mendukung kepemimpinan perempuan dan kepemimpinan muda di BUMN.

“Sejak awal saya percaya, perbaikan BUMN, transformasi BUMN yang terus berlangsung dengan dukungan pekerja perempuan, tidak kalah pentingnya ketika kepemimpinan perempuan, wanita, kesempatan untuk bekerja ini kita setarakan,” ujar Erick Thohir, Menteri

BUMN dalam acara Perayaan Hari Ibu dan Peluncuran Program Srikandi BUMN Berkarya & Bertalenta, Kamis (22/12) di Telkom Landmark Tower, Jakarta.

Erick mendorong langkah-langkah yang dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi perempuan untuk menunjukkan karya dan talentanya dalam lingkungan yang nyaman dan kondusif, termasuk menjadi pemimpin di BUMN.

Sebelumnya, tepat di hari Kartini tahun ini, Srikandi BUMN meluncurkan Program Respectful Workplace (RWP) guna mendorong lingkungan kerja yang aman, saling menghargai, menghormati serta bebas dari diskriminasi dan kekerasan, khususnya terhadap perempuan. Tidak berhenti disitu, Srikandi BUMN juga berkolaborasi dengan Asian Development Bank melaksanakan Asian Women Leaders Programs untuk mempersiapkan talent perempuan BUMN menduduki posisi women leader.

Sebagaimana diketahui, kepemimpinan perempuan di BUMN terus didorong oleh Erick Thohir melalui keterwakilan perempuan di jajaran direksi BUMN. Pada tahun 2021, keterwakilan perempuan di jajaran direksi BUMN mencapai angka lebih dari 15%, dimana capaian ini akan terus ditingkatkan sampai 25% di tahun 2023. Sementara itu, jumlah direksi muda BUMN di bawah 42 tahun pun telah mencapai angka 9% dan angka ini akan terus dijaga dan ditingkatkan sampai 10% di tahun 2023.

Sejalan dengan itu, Srikandi BUMN sebagai komunitas perempuan berkarya di BUMN yang merupakan sayap dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI), terus menciptakan ruang bagi perempuan untuk berkembang, salah satunya melalui program Srikandi BUMN Berkarya & Bertalenta yang disingkat DAYA. DAYA menjadi salah satu program berkelanjutan yang diusung untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin perempuan di BUMN.

“Terima kasih atas dukungan yang besar dari Bapak Menteri beserta seluruh jajaran Kementerian BUMN dan seluruh pimpinan di setiap BUMN dalam merealisasikan terciptanya ekosistem yang mendukung kami para Srikandi BUMN dalam berkarya dan mengembangkan talenta,” tutur Ketua Srikandi BUMN, Tina T. Kemala Intan dalam laporannya.(srv)

Exit mobile version