Kesadaran Risiko Rendah, Menkes: Butuh Treatment Khusus Tingkatkan Kalsium

Kesadaran Risiko Rendah, Menkes: Butuh Treatment Khusus Tingkatkan Kalsium - menkes - www.indopos.co.id

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Foto: Kemenkes for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kesadaran risiko osteoporosis di Indonesia masih cukup rendah. Dari hasil studi menunjukkan bahwa prevalensi osteoporosis dan osteopenia global mencapai 19,7 persen. Dan dari data yang sama, angka tertinggi di negara berkembang.

“Masyarakat harus rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Agar tulang tidak keropos saat memasuki masa lansia dan mengalami osteoporosis,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan, Sabtu (31/12/2022).

Menurut dia, lansia harus mengonsumsi nutrisi yang mengandung kalsium tinggi. Ketika indikator merah, maka lansia harus segera mendapatkan treatment khusus untuk meningkatkan kalsium.

“Ayo, mari kita rajin berolahraga dan beraktivitas di luar ruangan, terutama di bawah pukul sembilan pagi, agar mendapat sinar matahari,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Ahli Ilmu Faal Olahraga Klinis, dr. Putri Sakti, M.Gizi, SpGK, AIFO-K. Dia menjelaskan, beberapa cara mencegah osteoporosis, dimulai dengan mengelola pola makan yang tepat.

“Penyakit osteoporosis bisa kita cegah dengan mengonsumsi jumlah kalsium sesuai takaran asupan harian yang tepat. Selanjutnya, cukupi asupan vitamin D dari berbagai sumber misalnya dari makanan atau minuman, paparan sinar matahari, bisa juga dilengkapi dengan suplemen pendukung,” katanya.

Kesehatan tulang, dikatakan dia, perlu didukung dengan kekuatan otot dan kesehatan jantung. Selain dibantu dengan konsumsi nutrisi yang diperkaya oleh ekstrak buah zaitun.

Untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang, lanjut dia, penting untuk menjaga asupan kalsium harian. “Kombinasi dari asupan nutrisi tersebut akan mencegah osteoporosis sekaligus menjaga kesehatan jantung dan menangkal radikal bebas,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Head of Group Business Adult Nutrition KALBE Nutritionals Lesmana mengajak masyarakat Indonesia agar meningkatkan kepedulian terhadap osteoporosis di Indonesia. Salah satunya melakukan pencegahan dan edukasi kepada masyarakat.

“Pencegahan osteoporosis harus dimulai sejak dini dengan melakukan kombinasi pola hidup sehat, pola makan dengan nutrisi tepat setiap hari dan juga dengan aktif bergerak. Jaga kesehatan otot, tulang, dan jantung agar kita tetap aktif dan produktif,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version