Memasuki 2023, Waspada Politik Identitas di Pemilu 2024

Memasuki 2023, Waspada Politik Identitas di Pemilu 2024 - diskusi politik - www.indopos.co.id

Diskusi politik secara daring: Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Majelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) mengajak generasi milenial untuk mewujudkan pemilu 2024 damai. Wakil Ketua Umum MPII Nur Khamim mengatakan, penguatan kesadaran politik pada generasi muda sangat penting.

“Ide dan gagasan pemuda menjadi harapan dalam kemajuan bangsa,” kata Nur Khamim dalam acara daring, Sabtu (31/12/2022).

Ia menuturkan, politik Indonesia membutuhkan pemuda untuk berkarya, bersuara, dan berperan dalam perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik. Hal yang sama diungkapkan Ketua Baznas Prof Noor Ahmad.

Ia menuturkan, pentingnya motivasi bagi pemuda sebagai pemimpin di masa depan. “Tahun politik mendatang mesti diwujudkan sebuah kesadaran politik bertema kebangsaan yang mencerdaskan,” katanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menambahkan, setiap individu memiliki strategi dan taktik yang berbeda-beda dalam menyongsong tahun politik. “Jadi masing-masing individu antara satu dengan yang lain tidak bisa disamakan tetapi tujuannya sama, koridornya adalah koridor kebangsaan” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Pengamat dan Pakar Komunikasi Politik Hendri Satrio mengatakan, 2023 masuk tahun politik. Untuk itu perlu diwaspadai politik identitas yang menjadi sorotan kelompok umat Islam.

“Umat Islam selalu jadi tunggangan yang diperebutkan menjadi kendaraan memenangkan kontestasi politik,” katanya. (nas)

Exit mobile version