Wah, Serapan Anggaran 2022 Ditjen Bimas Hindu Capai 97,90 Persen

Gus-Yaqut

Menteri Agama Gus Yaqut (Kemenag for INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Anggaran 2022 Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu, Kementerian Agama (Kemenag) fokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur keumatan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Dirjen Bimas Hindu I Nengah Duija dalam keterangan, Sabtu (31/12/2022). Serapan anggaran 2022, menurut dia, mencapai 97,90 persen.

“Anggaran untuk bidang pendidikan sebesar Rp10,3 miliar. Itu dialokasikan untuk program beasiswa dosen, mahasiswa dan guru,” katanya.

“Dan Rp5,1 miliar dialokasikan untuk meningkatkan kualitas, fasilitas, dan penelitian di tingkat perguruan tinggi,” imbuhnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, untuk meningkatkan intensitas pembinaan umat, Bimas Hindu berkolaborasi dengan 96 lembaga agama dan keagamaan Hindu di Indonesia. “Kolaborasi ini telah membantu kami dalam menyentuh kantong-kantong umat di berbagai pelosok desa,” ungkapnya.

Ia menyebut, untuk mendukung program prioritas Kemenag, Bimas Hindu telah menjadikan 10 rumah ibadah Hindu di 7 provinsi sebagai pelaksana program Tahun Toleransi.

“Untuk pembinaan umat melalui program penguatan fungsi Penyuluh Agama Hindu, kita telah mendistribusikan Rp1,3 miliar di 24 lokasi di Indonesia,” jelasnya.
(nas)

Exit mobile version