Sipon, Istri Wiji Thukul Meninggal Dunia di Surakarta

Duka-Cita

Ilustrasi duka cita. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Istri aktivis dan seniman Wiji Thukul, Siti Dyah Sujirah alias Sipon atau Mbak Pon dikabarkan meninggal dunia di kediamannya di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada Kamis (5/1/2023).

Kabar duku itu disampaikan eks Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Beka Ulung. Ia mendapat informasi tersebut siang tadi dari adik almarhum Wiji Thukul.

“Benar (Sipon meninggal dunia), saya dapat info pertama pukul 13.30 dan dikonfirmasi oleh Wahyu Susilo, adik dari Wiji Tukul,” kata Beka melalui gawai, Jakarta, Kamis (5/1/2022).

Berdasar berbagai sumber, Thukul merupakan simbol perjuangan HAM, melawan penindasan. Namanya didengungkan ke seluruh penjuru negeri sebagai seorang sastrawan sekaligus pejuang HAM, dicari-cari sebagai orang hilang.

Dia lahir di Sorogenen, Solo, Jawa Tengah pada 23 Agustus 1963. Termasuk salah satu tokoh yang ikut melawan penindasan rezim Orde Baru namun pada tanggal 23 Juli 1998.

Thukul menghilang dan tidak diketahui keberadaannya sampai sekarang, muncul dugaan Thukul diculik oleh militer bersama beberapa aktivis lainnya. Thukul dan Sipon kini telah meninggal dunia. Mereka memikiki dua anak yakni, Fitri Nganthi Wani, Fajar Merah.(dan)

Exit mobile version