Sandiaga Uno Harap JIP Bisa Gelar Jurnalis Fest di Seluruh Indonesia

Sandiaga Uno Harap JIP Bisa Gelar Jurnalis Fest di Seluruh Indonesia - sandi 1 - www.indopos.co.id

Menparekraf Sandiaga Uno menyambut baik rencana penyelenggaraan Jurnalis Fest 2023. Foto: Kemenparekraf for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut baik rencana penyelenggaraan Jurnalis Fest 2023 pada 9 Februari yang dihelat oleh komunitas Jurnalis Indonesia Peduli (JIP). Sandiaga berharap gelaran Jurnalis Fest 2023 yang diadakan di Depok ke depan bisa digelar di berbagai destinasi wisata di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat menerima panitia Jurnalis Fest 2023 di Lantai 16 Gedung Sapta Pesona, Jakarta (7/1/2023). Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga didampingi Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa serta jajaran Biro Komunikasi Kemenparekraf.

“Pertama-tama saya sangat mengapresiasi jurnalis dan memang kami sangat butuh kolaborasi jurnalis, apalagi yang sangat peduli, karena Indonesia ini membutuhkan peran semua pihak dalam pemulihan ekonomi setelah dihantam pandemi,” kata Sandiaga Uno.

Penyuka joging ini mengaku tertarik dengan pelatihan konten kreatif bagi para relawan bencana yang merupakan salah satu kegiatan Jurnalis Fest 2023.

Pelatihan konten kreatif menurutnya harus diperluas. Sehingga, tak hanya terhenti pada pelatihan konten kreatif kepada 60 orang relawan kemanusiaan, tetapi juga dapat diikuti oleh masyarakat yang targabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

Antara lain; Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Likupang di Sulawesi Utara, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTB).

“Saya berharap kegiatan Jurnalis Indonesia Peduli tidak diadakan di Depok, tapi juga bisa dilakukan di beberapa Destinasi Super Prioritas dan juga di desa-desa wisata yang berjumlah lebih dari 4000 desa wisata di Indonesia,” ungkap Sandiaga Uno.

“Harapannya ini juga bisa menjadi event yang ikut mendorong pergerakan wisata wisata,” ujarnya optimistis.

Menutup pertemuan, Sandiaga Uno pun memberikan pantun yang menegaskan kehadirannya dalam Jurnalis Fest 2023 yang rencananya akan digelar di Taman Pemuda Pratama, Tanah Baru, Kota Depok.

“Ikan hiu pake daster, Jurnalis Fest-i’ll see you later,” tutupnya.

Sementara itu, Pembina JIP, DR Pratama D Persadha menyampaikan terima kasihnya. Dirinya berharap kolaborasi yang terjalin antara JIP dengan Kemenparekraf dapat membantu masyarakat.

“Insya Allah, atas kolaborasi yang terjalin kita bisa bersama membantu masyarakat, khususnya para pelaku usaha ekonomi kreatif,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Jurnalis Fest 2023, Yohanes Odja menyampaikan Jurnalis Fest 2023 akan digelar selama dua hari, yakni mulai dari Jumat (24/2/2023) hingga Sabtu (25/2/2023) di Taman Pemuda Pratama, Depok.

Pada hari pertama Jurnalis Fest 2023, terdapat kegiatan pelatihan konten kreatif yang akan diikuti sebanyak 60 orang relawan dari 30 lembaga kemanusiaan.

Mereka akan diberikan pelatihan mengenai teknik pengambilan foto maupun video hingga penulisan keterangan, sehingga informasi yang disampaikan dari lokasi-lokasi bencana dapat akurat.

Selanjutnya pada hari kedua, pihaknya akan menggelar aneka perlombaan yang akan diikuti sebanyak 140 orang jurnalis dari 14 Forum wartawan se-Jabodetabek.

Di antaranya lomba paint ball, lomba mancing, lomba tenis meja dan lomba karaoke.

“Kami juga menggelar bazar yang nantinya akan diikuti oleh puluhan UMKM di Tanah Baru, Kota Depok. Ada juga talkshow dan workshop mengenai konten kreatif, jadi pasti seru,” tutupnya. (bro)

Exit mobile version