Buntut Perppu Cipta Kerja, SP Bakal Geruduk Istana

Buntut Perppu Cipta Kerja, SP Bakal Geruduk Istana - aksi buruh demo - www.indopos.co.id

Ilustrasi aksi buruh. Foto: dok INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Puluhan ribu buruh dalam Serikat Pekerja (SP), dan Serikat Petani bakal menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara pada 14 Januari 2023 nanti. Pernyataan tersebut diungkapkan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal di Jakarta, Senin (9/1/2023).

Menurut dia, massa aksi berasal dari Jabodetabek, Serang, Cilegon, Karawang, Purwakarta, dan Bandung Barat. Secara bersamaan, aksi juga dilakukan di beberapa kota industrI. Di antaranya: Bandung – Jawa Barat, Semarang – Jawa Tengah, dan Surabaya – Jawa Timur.

Selain itu, aksi juga dilakukan di Banda Aceh – Aceh, Medan – Sumatera Utara, Palembang – Sumatera Selatan, Bengkulu, Batam – Kepulauan Riau, Balikpapan – Kalimantan Timur, Banjarmasin – Kalimantan Selatan.

“Termasuk di Ternate – Maluku Utara, Mataran – NTB, Makassar Sulawesi Selatan, Palu – Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan beberapa kota lain termasuk di Papua, Indonesia Timur,” bebernya.

Ia mengatakan, isu yang diangkat dalam aksi tersebut fokus pada penolakan isi Perppu No 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja. “Aksi ini membawa satu isu, yaitu menolak atau tidak setuju dengan isi Perppu No 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, ada 9 inti permasalahan yang ada di dalam Perppu omnibus law Cipta Kerja. Isu tersebut terkait dengan pengaturan upah minimum, pengaturan outsourcing, pengaturan uang pesangon, pengaturan buruh kontrak, pengaturan PHK, pengaturan TKA, pengaturan sanksi pidana, pengaturan waktu kerja, dan pengaturan cuti. (nas)

Exit mobile version