Asyik SNPMB 2023 Terintegrasi Vokasi dan Akademik, Ini Penjelasan Kemdikbudristek

Seleksi-Perguruan-Tinggi

ilustrasi seleksi masuk perguruan tinggi berbasis komputer. (Kemdikbudristek for INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Ada yang istimewa pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri 2023. Seleksi yang berbasis tes tersebut nantinya terintegrasi antara vokasi maupun akademik.

Pernyataan tersebut diungkapkan Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemdikbudristek Nizam dalam keterangan, Rabu (11/1/2023). Menurut dia, seleksi tersebut dilakukan hanya cukup mendaftar dan melaksanakan tes sekali.

“Calon mahasiswa baik dari SMA/SMK/MA cukup mendaftar sekali dan pilihannya bisa ke politeknik, universitas atau institut dan sebagainya,” ungkapnya.

“Seleksi secara terbuka dan sangat efisien, hemat waktu dan biaya bagi calon mahasiswa serta lebih efisien dalam segi penyelenggaraan,” imbuhnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan transformasi penting pada SNPMB 2023 yakni tes masuk tidak lagi berbasis subjek mata pelajaran, tetapi kesiapan belajar di perguruan tinggi. Ia pun mengingatkan sekolah-sekolah untuk segera melakukan pembuatan akun agar dapat mendaftar masuk perguruan tinggi baik berbasis prestasi maupun berbasis tes.

“Semoga hajat besar kita di 2023 lancar dan dapat mengantarkan anak-anak kita untuk mendapatkan perguruan tinggi terbaik sesuai dengan prestasi, minat, dan bakatnya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati mengatakan, kementerian mendorong integrasi seleksi mahasiswa baru perguruan tinggi negeri baik vokasi maupun akademik demi menyukseskan program Kampus Merdeka.

“Kami harapkan mereka yang ada di SMA/SMK/MA dapat secara lebih terbuka memilih pendidikannya di perguruan tinggi,” ujarnya.

Ia menambahkan, bagi calon mahasiswa dari SMA/SMK/MA yang ingin memilih vokasi terdapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Kemudian bagi calon mahasiswa dari SMA/SMK/MA yang ingin mendaftar di universitas bisa memilih D-3/D-4.

Sebelumnya, Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 resmi dibuka, Selasa (10/1/2023) kemarin. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, pelaksanaan SNPMB 2023 diselenggarakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN), meliputi tiga jalur masuk yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.
(nas)

Exit mobile version