PBNU: Sinergi TNI dengan Masyarakat di Bidang Ketahanan Pangan Sangat Dibutuhkan

PBNU: Sinergi TNI dengan Masyarakat di Bidang Ketahanan Pangan Sangat Dibutuhkan - sinergi tni - www.indopos.co.id

TNI AD membantu masyarakat menanam padi di Desa Sunkaen Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT. (Dok Dispenad)

INDOPOS.CO.ID – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyerahkan 20 unit rumah dinas kepada Kodim 1414/Tator, Makassar, Sulawesi Selatan, untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur memberikan apresiasi langkah tersebut yang tidak pernah lelah menunjukkan kepeduliannya akan kesejahteraan prajurit dan rakyat.

“Ini bagus sekali, karena masyarakat membutuhkan pemberdayaan dan penguatan itu,” kata Gus Fahrur saat dihubungi, Sabtu (14/1/2023).

Selain penyerahan sejumlah unit rumah dinas kepada prajurit TNI, Dudung juga menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat tidak mampu di Sulawesi Selatan.

Sekaligus dalam rangka pembangunan peternakan sapi, budi daya ikan tawar, dan perkebunan, cukup tepat dalam membantu pemerintah pusat mengantisipasi krisis pangan, yang tengah melanda sejumah negara di Eropa.

“Itu (peternakan, perkebunan dan pertanian) keunggulan yang kita miliki bangsa Indonesia dalam menghadapi resesi ini,” ucap Gus Fahrur.

Dunia ini menghadapi kekurangan pangan, dan sekarang sudah terjadi di Eropa (krisis pangan). Inggris tidak punya pangan mereka impor.

“Sinergi tentara dengan masyarakat di bidang ketahanan pangan sangat dibutuhkan. Itu sangat strategis karena masyarakat kita punya kultur agraris,” tuturnya.

Apalagi tanah Indonesia sangat subur, kultur masyarakat agraris dan memang harus dipercayakan menjadi swasembada pangan dan daging.

“Semua kekayaan kita harus ditumbuhkan karena negara ini sangat subur dan sangat luas. Jadi keunggulan kita dalam menghadapi resesi adalah ketahanan pangan,” ujar Gus Fahrur. (dan)

Exit mobile version