Viral “Ngemis Online” Mandi Lumpur Demi Dapatkan Uang, Polri Segera Panggil Konten Kreator

bareskrim

Gedung Bareskrim Polri. Foto: Indopos.co.id/Dhika Alam Noor

INDOPOS.CO.ID – Dittipidsiber Bareskrim Polri merespons fenomena konten ‘ngemis online’ di media sosial. Karenanya sejumlah konten kreator dipanggil untuk diberikan edukasi. Sehingga konten serupa tak terulang.

Salah satunya, dengan menggaet Komnas Perempuan dan Komnas Perlindungan Anak untuk menyetop membuat konten-konten seperti itu.

“Edukasi yang kami berikan kepada beberapa konten kreator bertujuan memberikan edukasi kepada mereka supaya menghentikan konten yang tidak bermanfaat dan tidak baik,” kata Dirtipidsiber Bareskrim Polri, Brigjen. Pol. Adi Vivid Agustiadi Bachtiar dikutip, Jumat (20/1/2023).

Pihaknya telah bergerak menelusuri maraknya konten ngemis online tersebut. Salah satu konten viral adalah ada orang tua mandi hingga menggigil.

Hal tersebut berhasil diungkap oleh Polda NTB. Dengan memanggil pemilik konten kreator untuk diberi edukasi agar tidak membuat konten yang mengeksploitasi kelemahan seseorang.

“Kami sudah berkoordinasi. Kebetulan lokasinya itu di Polda NTB,” ucap Adi.

“Kami juga telah melakukan pemeriksaan kepada orang tua yang ada di konten Tik Tok tersebut. Dari hasil pemeriksaan ternyata nenek tersebut merupakan konten kreator,” tambahnya. (dan)

Exit mobile version