Wiranto Nyatakan Paguyuban Jawa Tengah Wujud Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Wiranto

Ketua Dewan Kehormatan Paguyuban Jawa Tengah yang juga Wantimpres, Jenderal TNI (Purn) H Wiranto

INDOPOS.CO.ID – Di sela acara pengukuhan Dewan Pengawas dan Pengurus Paguyuban Jakarta (PJT) di Gedung Nusantara IV Komplek MPR – DPRRI, Senayan Jakarta, Sabtu 21 Januari 2023. Ketua Dewan Kehormatan Paguyuban Jawa Tengah yang juga Wantimpres, Jenderal TNI (Purn) H Wiranto menegaskan, bahwa Paguyuban Jawa Tengah yang dibentuk untuk “Guyub”, sejatinya adalah untuk menyatukan persatuan dan kesatuan, apalagi saat ini Paguyuban Jawa Tengah bukan saja Kepengurusannya di Jabodetabek, tetapi sudah di seluruh daerah di Indonesia, bahkan Mancanegara, sehingga akan mampu menjaga keutuhan bangsa dan negara, untuk itu saya berpesan agar seluruh Pengurus dan Anggota PJT tetap “Guyub Gayeng” dan turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Jenderal TNI (Purn) Wiranto juga merasa terharu dan bangga dalam acara pelantikan PJT kali ini, kalau selama ini pelantikan dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah, namun hari ini bisa melakukan acara pelantikan di DPRRI, “PJT baru kali ini pelantikan bener – bener berbeda, selain tempat yang megah juga para pengurus yang berjas dan berdasi”, terangnya.

Dalam kesempatan tersebut KRAA. H Wiranto, SH juga mengungkapkan himbauan Presiden Jokowi, agar kita waspada dengan “ancaman Krisis Global” akibat Pandemi Covid 19 beberapa waktu lalu, serta dampak perang Rusia – Ukraina, dimana saat ini telah banyak negara yang yang terdampak krisis global serta telah menjadi pasien IMF (16 negara), bahkan tak sedikit negara yang mengantri menjadi pasien IMF, namun kita harus bersyukur dengan kondisi bangsa saat ini, dimana dunia akan menghadapi resesi, namun bangsa Indonesia yang tahun 97-98 menjadi pasien IMF, namun hari ini masih bisa bertahan dan bahkan ekonomi masih diangka 5,3. kita akui dalam 2 tahun kebelakang kita benar – benar merasakan dampak akibat pandemi, namun berkat kekompakan antara pemerintah dan masyarakat, kita bisa bebas dari pandemi. sehingga pertemuan ini bisa kita lakukan secara terbuka, tanpa masker.

Untuk itulah saya meminta Paguyuban Jawa Tengah sejagad untuk bersama-sama pemerintah dalam menghadapi tantangan situasi global tersebut. Dengan tetap kerja keras membangun ketahanan ekonomi, khususnya membangun Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pinta H Wiranto.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua MPR-RI, H Asrul Sani, SH, M.Si dalam sambutan Pengukuhan Pengurus PJT, agar warga Paguyuban Jawa Tengah untuk bisa menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa, dimana saat ini bangsa Indonesia akan memasuki Pesta Demokrasi Pemilihan Presiden RI dan Pemilu 2024.

“Saya yakin sebagian besar warga PJT calonnya sama dengan saya, ungkapnya disambut tawa dan tepuk tangan seluruh hadirin, untuk itulah dengan kondisi politik yang memanas, warga PJT jangan ikut manas-manasin, tetapi harus bisa mendinginkan atau menyejukkan, agar Pesta Demokrasi Pemilu 2024 dan Pilpres serta Pilkada bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Sementara Ketua Umum Paguyuban Jawa Tengah KRT Drs. H Leles Sudarmanto Dipuro, MM,MBA didampingi Sekjen PJT Nick Nurrachman juga menegaskan bahwa Paguyuban Jawa Tengah Siap Berkolaborasi Dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Dunia Usaha serta Stakeholders dalam dan luar negeri untuk membangung bangsa, khususnya di Jawa Tengah, dengan program PJT 3T, yaitu Terus Memfasilitasi Kolaborasi Wong Jawa Tengah. Tepat dalam mengupayakan Giat PJT dan Tindakan Memberikan Manfaat Bagi Keluarga PJT.

Dimana dalam membangun kolaborasi dengan siapa saja, mulai dari yang paling bawah sampai Presiden Jokowi, Paguyuban Jawa Tengah akan terus memfasilitasi kolaborasi wong Jawa Tengah, jadi setelah pelantikan pengurus ini, PPJT akan melakukan audensi ke Presiden RI Bapak Ir. H Joko Widodo. Kita bersyukur meskipun kepengurusan PJT kemaren belum dikukuhkan, namun kita sudah menghasilkan kolaborasi, yaitu bantuan solar sel dari Jepang, berupa hibah untuk penerangan di Jawa Tengah, serta bantuan Bus Listrik yang nantinya bisa di manfaatkan di Jawa Tengah.

Dan Ketua Umum PJT telah memfasilitasi Investor Luar Negeri (Dubai, London, USA, Istambul/Turki) untuk menanamkan investasi ke Indonesia, sehingga Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang ingin menarik investor Asing bisa berkoordinasi dengan PJT.
Paguyuban Jawa Tengah juga akan terus membangun Ekonomi Kerakyatan melalui peningkatan kerjasama antar UMKM dengan pengusaha besar melalui Digitalisasi, dengan mendorong produk lokal untuk bisa masuk pasar ekspor, serta meningkatkan Enterpreneurshif Generasi Muda, dan mendorong Anak-anak Millenial untuk memulai usaha kreatif dengan digitalisasi.

Dalam kesempatan tersebut, KRT Leles Sudarmanto juga memperkenalkan pengurus PJT yang luar biasa, tokoh-tokoh Kabupaten/Kota, dengan latar belakang yang berbeda-beda, namun menempati bidang-bidang yang sesuai keahliannya, baik dari Pemerintah, Pengusaha, TNI, serta Seniman, sehingga seluruh pengurus PJT tidak sekadar kesana-kemari, tetapi bisa bekerja dengan baik dan kompak hingga bermanfaat bagi masyarakat banyak. Pengurus PJT terpilih 234 tokoh Jawa Tengah yang masuk kepengurusan Perkumpulan PJT.

” Dan kita akan terus bekerja Keras, Kerja Iklas dan Kerja Tuntas untuk Guyub Gayeng Saklawase (GGS), sehingga kedepan PJT benar-benar mendunia. Dan bermanfaat bagi anggota serta berkontribusi pada pembangunan negeri ini,” tegasnya.

Gubernur Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo dalam sambutannya secara Zoom Meeting dari Kota Solo, juga mengapresiasi Paguyuban Jawa Tengah yang selama ini telah bermitra dengan Pemprov Jateng dalam membangun Jawa Tengah serta meningkatkan kesejahtaraan Warga Jawa Tengah di Perantauan maupun di Jawa Tengah itu sendiri, untuk itulah Pemprov Jateng akan terus mendukung kegiatan Paguyuban Jawa Tengah, dan salahsatu Agenda dalam waktu dekat adalah menyiapkan Mudik Bareng.

“Dan Untuk mendukung kegiatan PJT, Pemprov Jateng juga mempersilakan Pengurus PJT yang barusan dilantik untuk berkantor di Kantor Penghubung Jawa Tengah di Jakarta, agar program bersama bisa lebih maksimal,” tambahnya. (ibs)

Exit mobile version