Kreatifitas Digital Jadi Tantangan Mahasiswa Saat Ini

Nusa-Mandiri-Festival

Wakil Rektor II Bidang Non Akademik Universitas Nusa Mandiri (UNM) Arif Hidayat (tengah). Foto: Nasuha/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Wakil Rektor (Warek) II Bidang Non Akademik Universitas Nusa Mandiri (UNM) Arif Hidayat mengatakan, dengan peningkatan kapabilitas lulusan perguruan tinggi akan terserap dunia industri. Maka penting kampus melaksanakan JobCareer & Intership Fest (JIF) 2023.

“Ini bagian dari kami menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan lulusan yang kapabilitas. Sehingga mereka terserap dunia industri,” ujar Arif kepada INDOPOS.CO.ID, Selasa (24/1/2023).

Program JIF 2023, lanjutnya, relasi dari program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Mahasiswa dituntut kreatif di era digital saat ini.

“Mahasiswa harus memiliki daya saing di bidang kreatifitas digital,” kata Arif.

“Mereka dengan mudah terserap dunia industri. Dan JIF 2023 menjadi relasi program MBKM,” imbuhnya.

Arif menyebut, sejumlah program MBKM disiapkan kampus untuk mahasiswa. Dari program mahasiswa bersertifikat di BUMN, magang studi independen hingga program magang industri.

“Dari program tersebut, diharapkan mahasiswa menjadi startup-startup handal,” ucapnya.

Lebih jauh ia mengatakan, selain JIF 2023, UNM menggelar Nusa Mandiri Festival 2023. Pada kegiatan tersebut banyak menyasar pelajar-pelajar SMK dan SMA.

“Dari praktik baik ini, kami ingin mereka mengenal sistem informasi. Juga kewirausahaan,” ungkapnya.

“Geliat media sosial saat sangat pesat. Kami ingin pelajar-pelajar ini bisa memanfaatkan ruang digital dengan baik,” tambahnya.(nas)

Exit mobile version