1.713 Aparat Dikerahkan Jaga Demo Perangkat Desa di Depan DPR

demo

Peserta unjuk rasa mulai memadati kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada momen bertepatan hari buruh beberapa waktu lalu. Foto: Dhika Alam Noor/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengerahkan ribuan personel, menjaga keamanan aksi demonstrasi oleh Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko mengimbau, para demonstran tetap tertib dalam menyuarakan aspirasi di ruang publik. Serta menghormati pengguna jalan lain.

“1.713 peronel (dikerahkan). Imbauan agar tertib dan menghargai juga hak-hak masyarakat secara umum khususnya pengguna jalan umum lainnya untuk bisa menjalankan aktifitasnya hari ini,” kata Trunoyudo di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Paling penting pihak kepolisian memastikan dan telah memberikan izin kepada elemen masyarakat tersebut, untuk melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

“Polri akan mengamankan untuk memberikan pelayanan dalam penyampaian pendapat saudara saudara dari elemen Persatuan Perangkat Desa Indonesia,” ujarnya.

Sejumlah ruas jalan di sekitar Gedung DPR/MPR ditutup mulai pukul 08.00 WIB. Pengalihan arus lalu lintas pun diberlakukan aparat kepolisian seiring dengan adanya aksi demonstrasi pada Rabu pagi ini.

Arus lalu lintas Jalan Gatot Subroto dari arah Pancoran menuju Gedung DPR/MPR dibelokkan ke kiri menuju Jalan Gerbang Pemuda. Lalu lalu lintas dari arah Jalan Gerbang Pemuda menuju Gedung DPR/MPR diputarbalikan kembali ke Jalan Gerbang di kolong jalan layang.

Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di offramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur ke arah Jalan Gelora diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar

Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika diluruskan ke arah Jalan Gelora. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gerban Pemuda dibelokkan ke kiri menuju Jalan Asia Afrika. Arus lalu lintas Jalan Gatot Subroto dari arah Slipi menuju Jalan Gerbang Pemuda ditutup. Kendaraan diluruskan ke arah Semanggi.

Apabila terjadi kepadatan di kawasan Pintu 10 Gelora Bung Karno karena bus massa aksi yang akan parkir, maka kendaraan akan dibelokkan sebelum Simpang Susun Semanggi menuju Bundaran Senayan dan diarahkan masuk melalui Pintu 7.

PPDI meminta DPR mengabaikan rekomendasi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) terkait masa jabatan perangkat desa. (dan)

Exit mobile version