Kejar Kemampuan Siswa Bertaraf Internasional Lewat Uji Literasi, Numerasi dan Sains

Siswa-tengah-Belajar

ilustrasi siswa tengah belajar (Kemdikbudristek for INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Kompetisi untuk menguji kemampuan siswa-siswi dengan soal-soal berstandar olimpiade. Dengan menguji literasi, numerasi, dan sains.

Pernyataan tersebut diungkapkan Founder dan Chief Education Officer Zenius Sabda PS dalam keterangan, Sabtu (28/1/2023). Ia menyebut, kegiatan menyasar siswa kelas 4-6 SD dan SMP. “Untuk mata pelajaran (Mapel) Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, atau Geografi untuk para siswa SMA,” katanya.

Sebelum babak final digelar, menurut dia, para finalis juga akan mendapatkan coaching clinic berupa kelas pembahasan/ training yang diberikan langsung dari tentor New Primagama. Sehingga, para finalis mendapatkan persiapan yang lebih baik di babak final.

“Soal-soal yang ada di kompetisi ini dibuat selaras dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari Kemendikbudristek dan mengacu kepada PISA (Program Penilaian Pelajar Internasional),” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Consumer Funding Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk Ivan Jaya mengatakan, kegiatan dilakukan untuk mendorong lahirnya bakat-bakat baru dari generasi muda Indonesia yang memiliki standar kompetensi internasional.

“Kami bangga bisa menyelenggarakan kompetisi tahunan ini. Kami berharap kompetisi ini mereka bisa mendapatkan gambaran tentang soal-soal AKM,” katanya.

Diketahui, kompetisi nasional untuk siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia digelar new Primagama dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Program tahunan ini berlangsung hingga pertengahan 2023 nanti. (nas)

Exit mobile version