Keren! Mahasiswa Ini Ubah Limbah Kertas Memiliki Nilai Manfaat

Kegiatan-paper-seed

Kegiatan paper seed Foto: IG Vieri dan Valeria

INDOPOS.CO.ID – Pemanfaat kertas dalam pembibitan benih pohon mampu mengurangi limbah kertas. Dan mengubahnya menjadi barang yang bermanfaat. Kegiatan tersebut dilakukan Mahasiswa i3L School of Business (iSB) di Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Gagasan paper seeds tersebut diawali oleh mahasiswa iSB, Vieri dan Valeria. Lalu mereka membuat struktur organisasi untuk mengurus kepanitiaan dalam acara From Earth to Earth.

Ketua projek Paper seed Vieri Luois Cenisius menjelaskan, bahwa From Earth to Earth rencananya hanya untuk tugas mata kuliah Management Themes and Case Studies. Namun, kemudian diterapkan di i3L, karena sejalan dengan waste management di i3L.

“Alasan utama dipilihnya paper seeds sebagai bahan utama dalam projek ini karena menumpuknya sampah kertas. Kemudian kami daur ulang untuk menjadi pohon kembali dengan memanfaatkan kertas bekas untuk menjadi kertas baru dan bahkan ditanam kembali dengan menaruh bibit ke dalam kertas daur ulang tersebut,” ujar tutur Vieri Luois.

Menurut dia, dengan program From Earth to Earth bisa membantu menginspirasi masyarakat dalam memanfaatkan limbah sampah kertas menjadi tumbuhan, tanaman atau pohon kembali.

Hal yang sama diungkapkan Valeria Putri Ardanny selaku Wakil Ketua projek paper seed. Dia menjelaskan, projek ini akan berkelanjutan dan akan dibawa ke masyarakat luas, sehingga kegiatan ini tidak hanya dilakukan di wilayah i3L saja.

“Projek From Earth to Earth akan dilakukan selanjutnya bersama dengan panti asuhan,” katanya.

“Kami berharap dari kegiatan ini generasi selanjutnya mendapatkan manfaatnya,” imbuhnya.(nas)

Exit mobile version