Cap Go Meh Nusantara 2023, Perkuat Toleransi dan Semangat Keberagaman

Cap Go Meh Nusantara 2023, Perkuat Toleransi dan Semangat Keberagaman - cap gomeh - www.indopos.co.id

Perayaan Cap Go Meh Nusantara 2023 di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Ratusan orang dari berbagai wilayah khususnya Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat memadati salah satu sudut jalan untuk melihat secara langsung Perayaan Cap Go Meh Nusantara 2023.

Perayaan Cap Go Meh Nusantara 2023 digelar dalam menumbuh kembangkan toleransi antar sesama umat di Indonesia, khususnya di Kota Jakarta.

Gelaran 14 hari setelah perayaan Imlek ini diisi ragam kegiatan seperti Tarian tradisional Barongsai, Seni Bela Diri Wing Chun, Penampilan Tarian Dayak, Hiburan Musik Dangdut dan juga Bakti Sosial untuk masyarakat.

DPD Taruna Merah Putih Provinsi DKI Jakarta Charles Nova mengatakan, pengenalan budaya nusantara sudah sepatutnya dipertahankan agar rasa memiliki dan kecintaannya terhadap bangsa tetap terjaga dan terawat.

Sekaligus memasuki tahun politik 2024 pagelaran Cap Go Meh, diharapkan menjadi cermin kerukunan masyarakat.

“Beragam masyarakat tampak hadir dalam perayaan Cap Goh Meh ini, ada suku Tionghoa, Jawa, Batak, dan lainnya, serta berbagai ragam pula agamanya. Hal ini menunjukkan semangat Bhinneka Tunggal Ika ada di dalam perayaan Cap Go Meh yang kami gelar hari ini,” kata Charles Nova di Jakarta, Minggu (5/2/2023).

Perayaan Cap Go Meh Nusantara 2023 itu memberikan efek positif terhadap roda perekonomian warga masyarakat sekitar.

“Perayaan Cap Go Meh ini juga memberikan nilai lebih dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan karena melibatkan pelaku UMKM yang didominasi oleh pengusaha kuliner makanan setempat,” tutur Charles Nova. (dan)

Exit mobile version