Momen Jokowi Mengetik ‘HPN’ di Mesin Tik Tua

jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengetik huruf "HPN" di mesin tik tua. Foto: Dok PWI Pusat

INDOPOS.CO.ID – Pemandangan tak biasa terlihat dalam puncak peringatan Hari Pers di Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serba Guna Pemprovsu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023) kemarin. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengetik lewat mesin tik tua.

Jokowi menghadap mesin tik ditemani di podium panggung bersama Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan pejabat lainnya.

Jokowi mengetik tiga huruf bertuliskan “H P N,” dan mendapat tepuk tangan meriah dari para tamu yang hadir.

Pada momentum Hari Pers Nasional 2023, pemerintah bakal membuat aturan untuk menjamin keberlanjutan media konvensional. Apalagi belanja iklan di dalam negeri justru lebih banyak dinikmati media digital, terutama platform asing.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate telah mengajukan izin prakarsa mengenai Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kerja Sama Perusahaan Platform Digital dengan Perusahaan Pers untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas.

Sementara usulan regulasi lain, yakni Rancangan Perpres tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas. Jokowi menginstruksikan Menkominfo segera menyelesaikan rancangan Perpres tersebut maksimal dalam waktu sebulan.

“Saran saya, bertemu kemudian dalam satu bulan ini harus selesai mengenai perpres ini. Jangan lebih dari satu bulan. Saya akan ikut nanti di dalam beberapa pembahasan mengenai ini,” kata Jokowi di Medan, Kamis (9/2/2023).

Kehadiran Presiden Jokowi dalam HPN 2023 kali ini merupakan kali pertama setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut. Tahun lalu, Jokowi hadir di HPN secara daring dari Istana Negara. (dan)

Exit mobile version