Dana ZIS Capai Rp 21 Triliun, Kemenag: Kesadaran Zakat Masyarakat Meningkat

Tarmizi-Tohor

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Kementerian Agama (Kemenag) Tarmizi Tohor

INDOPOS.CO.ID – Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Kementerian Agama (Kemenag) Tarmizi Tohor mengatakan, pengumpulan zakat, infak, sedekah (ZIS), dan dana sosial keagamaan lainnya terus mengalami peningkatan.

Tercatat hingga data triwulan tiga pada 2022, Menurut dia, laporan pengelolaan zakat nasional pengumpulan ZIS oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) mencapai Rp21 Triliun.

“Meningkatnya ZIS ini menunjukkan bahwa kesadaran zakat masyarakat kian membaik,” kata Tarmizi Tohor di Jakarta, Senin (20/2/2023). Ia menuturkan, meningkatnya penghimpunan dana ZIS berdampak pada kehidupan sosial-keagamaan, pengentasan kemiskinan hingga pertumbuhan ekonomi.

“Kemenag akan bergerak cepat untuk melakukan koordinasi dan membangun sinergi program dengan BAZNAS-LAZ,” katanya.

“Sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara inklusif terhadap kemaslahatan umat,” imbuhnya.

Diketahui, Kementerian Agama menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2023 yang berlangsung selama tiga hari, Minggu-Selasa (19-21/2/23) di Jakarta. Kegiatan yang dibuka langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas itu diikuti 300 peserta dari BAZNAS Pusat, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kab/Kota.(nas)

Exit mobile version