4 Helikopter Bantu Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi, Prioritaskan 4 Korban Ini

Tim-SAR-Gabungan

Tim SAR Gabungan menemukan titik lokasi Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan yang mendarat darurat dengan helikopter di Desa Tamia, Kerinci, Provinsi Jambi. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Tim SAR gabungan kembali melanjutkan evakuasi Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan yang mendarat darurat, dengan helikopter di kawasan Desa Tamia, Kerinci, Provinsi Jambi pada, Minggu (19/2/2023) kemarin.

Proses evakuasi tersebut telah dilakukan mulai Senin (20/2/2023) pagi sampai malam petang. Upaya penyematan para korban helikopter tersebut dihentikan sementara semalam akibat terkendala cuaca.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, evakuasi bakal lebih dimaksimalkan lewat jalur udara bila situasi khususnya cuaca dan kabut bisa lebih reda. Empat helikopter bersama tenaga kesehatan dikerahkan.

“Proses evakuasi sendiri, dari pagi sudah coba yang dilaksanakan. Kita menggunakan empat helikopter,” kata Dedi di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Dari empat helikopter tersebut, ada dua milik Kepolisian Indonesia (Polri) yang semuanya memiliki sertifikasi untuk melakukan evakuasi darurat. Sementara dua helikopter lainnya milik TNI AU dan Basarnas.

“Pertama helikopter AW-189, di setiap heli didampingi oleh satu dokter yang di AW-189. Kemudian hari Bell-429. Dua heli tersebut adalah heli milik Polri, kemudian heli super Puma milik TNI AU, heli Basarnas,” beber Dedi.

Empat helikopter yang membentu evakuasi telah terbang mulai pukul 07.00 WIB, kabutnya cukup pekat dan berputar-putar di udara selama 2 jam. Alhasil harus mendarat untuk mengisi bahan bakar.

Ia mengemukakan, ada empat korban yang menjadi prioritas dalam upaya penyemalamat tersebut. Salah satunya ialah Kapolda Jambi Irje Rusdi Hartono.

“Empat heli tersebut kembali terbang lagi, untuk mencoba memaksimalkan proses evakuasi dengan prioritas adalah empat korban, yaitu Kapolda, kemudian kapten pilot, kemudian co pilot dan satu korban lainnya,” ungkap Dedi.

Helikopter Polri jenis Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001 yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan sempat mendarat darurat di Desa Tamia karena cuaca buruk pada dua hari kemarin. (dan)

Exit mobile version