Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas Pelaku UMKM lewat Program PKM UMB

Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas Pelaku UMKM lewat Program PKM UMB - umb - www.indopos.co.id

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta berfoto bersama peserta kegiatan, Kepala Sub Bagian Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) II, Ahmad; Sekretaris Program Studi Manajemen S1 FEB UMB; Dr. Eri Marlapa, MM; dan mitra dari Univeristas Bina Nusantara yaitu Dr. Tara Ferina Sri Hadi, M.Sc., B.App. Kegiatan ini berlansung pada Jumat (24/2/2023) dan terselenggara atas kerja sama Tim PKM FEB UMB dengan Rumah Susun Marunda Jakarta Utara. Foto: FEB UMB untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Sekretaris Program Studi (Prodi) Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mercu Buana (UMB), Dr. Eri Marlapa, MM, mengatakan, pihaknya telah menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan pengelola Rumah Susun Marunda Jakarta Utara, dan mitra dari Univeristas Bina Nusantara yaitu Dr. Tara Ferina Sri Hadi, M.Sc., B.App.

“Program PKM UMB untuk membumikan bidang akademisi kepada masyarakat untuk mengurangi miss match antara dunia akademisi dengan dunia industri,” kata dia.

Para peserta PKM, menurut Eri, berjumlah 40 orang, dari kalangan pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) di Rumah Susun Marunda Jakarta Utara.

“Mereka sangat antusias dalam mengikuti acara PKM guna mendapatkan manfaat dari kegiatan ini,” ungkapnya.

“Kami berharap kegiatan dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam mengelola usaha, agar bisnis yang dijalankan dapat terus berkelanjutan dengan omzet usaha yang terus meningkat,” tambahnya.

Sebelumnya, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) FEB UMB Jakarta melakukan program berseri PKM. Program diselenggarakan bekerja sama dengan Rumah Susun Marunda Jakarta Utara, pada Jumat (24/2/2023).

Acara ini dibuka Kepala Sub Bagian Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) II, Ahmad. Dalam kegiatan tersebut Ahmad memberikan motivasi kepada pelaku UMKM.

Kegiatan PKM ini mengusung tema pengembangan manajemen UMKM untuk mencapai keberlanjutan bisnis dan kelestarian lingkungan.

“UMKM harus tetap melakukan aktivitas bisnis dengan baik,” katanya.

Diketahui, dalam kegiatan PKM hadir narasumber dari dosen-dosen prodi Manajemen S1 FEB UMB, seperti Dr. Andyan Pradipta Utama, SE, MM dengan materi Pelatihan Strategi Membangun Kesadaran Merek dalam Mencapai Keberlanjutan Bisnis.

Lalu, Dr. Tine Yuliantini MM dengan materi Sosialisasi Penyusunan Perencanaan Bisnis Untuk Keberlangsungan Usaha Berbadis “Green Management”. Riska Rosdiana, SE.,M.Si dengan materi Pemanfaatan Aplikasi Pembukuan Keuangan Berbasis Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM

Kemudian, Irvan Hermala, SE., M.Sc dengan materi Pemanfaatan Aplikasi Fintech Securities Crowd Funding untuk Permodalan UMKM. Ali Hanafiah, MM dengan materi Literasi Sertifikasi Halal untuk Daya Saing Pemasaran dan Keberlangsungan Bisnis UMKM

Selanjutnya, Iwan Firdaus, MM dengan materi Literasi Keuangan Sederhana dan Pengenalan Investasi Saham bagi Pelaku UMKM. Junaedi, SE, MM dengan materi Peran Koperasi dalam Kolaborasi Keberlangsungan UMKM dan Dr. Eri Marlapa, MM dengan materi Strategi Pengelolaan SDM UMKM dalam Usaha Peningkatan Kinerja UMKM Keberlangsungan. (ibs)

Exit mobile version