Resmikan CorpU, Menteri ATR/BPN: SDM Kunci dalam Pembangunan

Resmikan CorpU, Menteri ATR/BPN: SDM Kunci dalam Pembangunan - atr 2 - www.indopos.co.id

Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto usai meresmikan CorpU di Gedung PPSDM, Cimanggis, Kabupaten Bogor. Foto: Indopos.co.id/Dhika Alam Noor

INDOPOS.CO.ID – Sumber daya manusia (SDM) memiliki andil besar memajukan suatu organisasi. Baik itu lingkup kerja lembaga atau instansi. Seperi halnya dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengenalkan ATR/BPN Corporate University (CorpU).

Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto menyatakan, kehadiran ATR/BPN Corporate University (CorpU) merupakan pendekatan program belajar organisasi yang sistematis dan menyeluruh.

“CorpU jadi strategi Kementerian ATR/BPN untuk mengembangkan ASN. Dilakukan secara sistematis dan menyeluruh. Dilaksanakan dalam lingkup pemerintah,” kata Hadi usai meresmikan ATR/BPN CorpU di Gedung Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Cimanggis, Kabupaten Bogor, Senin (6/3/2023).

Setiap unit di Kementerian ATR/BPN diharap dapat mengimplementasikan kemampuan sesuai dengan tata kelola yang ada. Sehingga terwujudnya learning organization.

Tujuannya, agar mampu berkembang serta mentransformasi diri secara kolektif maupun individu. Maka dapat berkontribusi dalam peningkatan organisasi dan pengembangan kompetensi pegawai melalui SDM yang berkarakter dan unggul.

“(SDM) bukan hanya aset tetapi human capital manajemen yang terus dikembangkan. Pihak Kementerian ATR/BPN menekan lagi bahwa kuncinya sumber daya manusia,” ucap Hadi.

“Oleh sebab itu, bahwa dalam pembangunan SDM ini kita harus lakukan upgrade, upskiling, baik dari segi sikap, pengetahuan yang jadi modalnya,” tambahnya.

Pernyataan tersebut berangkat dari ceritanya ketika menjadi Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) tahun 2016. Kala itu ia mendampingi presiden berkunjung ke San Franscisco, Amerika Serikat dalam acara United Stated Summit.

Dalam kesempatan itu, ia turut mengunjungi kawasan teknologi raksasa dunia yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.

Perusahaan ini bisa bergerak, menggemparkan dunia, mengikuti perkembangan karena sumber daya manusianya yang bisa menggerakannya. Bisa mencapai suatu tujuan dengan strategis itu juga karena sumber daya manusianya,” ucapnya.

CorpU menjadi tanggung jawab semua tingkat pimpinan unit kerja, dari Menteri, Pejabat Tinggi Madya, Pejabat Tinggi Pratama, dan Pejabat Administrasi untuk sampai kepada peserta pelatihan. “Saya berharap dengan adanya CorpU, mendukung mencapai visi dan misi Kementerian ATR/BPN,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version