Ini Kata Jokowi Ajak Prabowo Tinjau Panen Raya Bareng Ganjar di Jateng

panen

Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). Foto: Dok BPMI Setpres

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, alasan mengajak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau panen raya di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023) pekan lalu. Momen tersebut memang telah direncanakannya.

Secara kebetulan Prabowo memiliki agenda yang dekat dengan lokasi Jokowi. Apalagi Menhan diberi amanah sebagai penanggung jawab proyek pengembangan lahan pangan atau food estate di Kalimantan Tengah.

“Itu panen raya, panen raya di sawah. Kebetulan Pak Prabowo mau ke Magelang, saya ajak bareng. Sudah bareng. Turun di Kulonprogo,” kata Jokowi di Bali dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden dilihat, Selasa (14/3/2023).

Selain agenda yang berdekatan, waktu pelaksanaanya ternyata lebih dulu panen raya. Karenanya Jokowi meminta Prabowo mendatangi kegiatan tersebut. Diketahui turut hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Karena pertemuan Pak Prabowo-nya siang, sudah ke sawah dulu kita panen raya. Panen raya, sudah, ada saya, ada Pak Ganjar, ada Pak Prabowo, sudah,” ucap Jokowi.

Setelah meninjau panen raya, Jokowi mengajak Prabowo melihat peresmian tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Desa Plesung, Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Urusan pangan memang merupakan tupoksi dari Kementerian Pertanian (Kementan). Dengan melibatkan Kemenhan, pemerintah melibatkan TNI dalam pengolahan lahan pertanian.

Momen kegiatan panen raya terlihat sangat akrab. Bahkan Jokowi, Ganjar, dan Prabowo mengabadikan pertemuan tersebut dengan berswafoto bersama para petani. (dan)

Exit mobile version