Presiden Tunjuk Menko PMK Jadi Plt Menpora

muhadjir

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Foto: Dokumen Setkab

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjadi, Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Kursi Menpora kosong setelah ditinggalkan Zainudin Amali yang mundur dari jabatannya per Senin (13/3/2023).

“Sekarang sudah di Plt-kan. Plt-nya Pak Menko PMK (Muhadjir Effendy),” kata Jokowi di Bali dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/3/2023).

Ia tak ingin terburu-buru menyampaikan sosok definitif, untuk mengisi kursi Menpora. Namun, dipastikan dalam waktu dekat akan memustuskan penggati Amali.

“Penggantinya ditunggu saja,” ucap Jokowi.

Jokowi mengizinkan Amali mengundurkan diri dari jabatan Menpora. Keputusan tersebut diberikan setelah bertemu langsung dengan politikus Partai Golongan Karya (Golkar) itu di Bali pagi tadi.

“Menpora sudah bertemu saya. Surat pengunduran dirinya sudah disampaikan ke Kementerian Sekretariat Negara (Setneg). Saya sudah menyetujui,” imbuhnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengundurkan diri dari jabatannya. Ia telah mengirimkan surat pengunduran diri kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Jakarta, Kamis (9/3/2023).

“Saya baru saja ketemu dengan pak Mensesneg. Saya menyampaikan surat permohonan apa namanya pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menpora, dan tentu ini masih berupa surat, memang saya harus bertemu bapak Presiden,” ucap Amali di Jakarta.

Langkah Amali diambil karena berniat ingin fokus mengurus satu cabang olahraga, yaitu sepak bola. Dia telah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Ia diketahui masuk kepengurusan yang dipimpin Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI. (dan)

Exit mobile version