Penindakan Kriminalitas Polda Metro Jaya Menjelang Ramadhan

Kombes-Pol-Trunoyudo-Wisnu-Andika

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andika. Foto: Humas Polda Metro Jaya

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah Metro Jaya memaksimalkan anggotanya untuk memberantas kriminalitas di lingkungan Jakarta dan sekitarnya. Upaya ini akan berlanjut pada Ramadhan tahun ini agar memberikan kenyamanan dan ketertiban masyarakat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andika mengatakan jajaran kepolisian terus menindak tegas para pelaku tindak kriminal yang sangat meresahkan masyarakat.

Penindakan kriminalitas digencarkan salah satunya dengan mengadakan Operasi Penyakit Masyarakat Jakarta Raya (Pekat Jaya) 2023 selama 15 hari pertama Maret 2023. Dalam operasi ini, polisi mengungkap 282 kasus dan menangkap 379 tersangka. Dari semua tersangka, terungkap ada 16 orang sebagai residivis, 1 anak di bawah umur, dan 1 pengguna narkotika.

“Ini menandakan bahwa sebagian besar kasus yang dilaporkan dapat diselesaikan, baik dengan pendekatan criminal justice maupun pendekatan restorative justice,” Katanya, Selasa (21/3/2023).

Dari kasus yang diungkap, Yudo menerangkan, polisi mengamankan barang bukti alat dan hasil kejahatan berupa 13 mobil, 101 sepeda motor, 1 senjata api, 39 senjata tajam, uang hasil kejahatan Rp 206,98 juta, serta 76 ponsel dan 11 laptop. Dalam operasi ini terungkap 217 kasus atau 77 persen dari total kasus terungkap di luar target operasi ini.

Selain itu, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menyelesaikan 16 laporan kasus pencurian yang mempersangkakan 25 orang sejak Januari 2023. Disebutkan, kasus kriminalitas berupa pencurian meningkat jelang Ramadhan.

“Seluruh masyarakat atau calon-calon (pelaku) kejahatan yang berniat akan melakukan tindak kriminalitas kalau bisa mengurungkan niatnya karena jajaran kepolisian akan terus memaksimalkan kegiatan ini. Kami akan terus menjaga masyarakat,” terangnya. (fer)

Exit mobile version