Jaga Kelestarian Air, Dharma Wanita Ditjen Perumahan dan IIBA Tanam Pohon di Huntap Cianjur

ip

Dharma Wanita Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Paguyuban Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa II bersama Ikatan Ibu Brantas Abipraya menanam pohon jenis pelindung dan buah-buahan di kawasan hunian tetap relokasi warga terdampak bencana alam di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Foto: Kementerian PUPR

INDOPOS.CO.ID – Guna menjaga kelestarian lingkungan dan konservasi air, jajaran pengurus Dharma Wanita Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Paguyuban Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa II bersama Ikatan Ibu Brantas Abipraya menanam pohon jenis pelindung dan buah-buahan di kawasan hunian tetap relokasi warga terdampak bencana alam di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

“Hari ini Dharma Wanita Ditjen Perumahan Kementerian PUPR dan Paguyuban Balai P2P Jawa II bersama IIBA melaksanakan penanaman pohon penghijauan untuk agar kawasan Huntap relokasi warga terdampak bencana di Kabupaten Cianjur tetap hijau dan terjaga kelestarian airnya,” ujar Ketua Dharma Wanita Perumahan Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Zuhrotul Mauludah di sela-sela kegiatan penanaman pohon di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Selasa (21/3/2023).

Kegiatan penanaman pohon, imbuh wanita yang biasa disapa Ibu Uda tersebut, juga menjadi rangkaian dari peringatan Hari Air Dunia ke-31 Tahun 2023. Adanya pohon – pohon yang ditanam diharapkan mampu mewujudkan hunian yang asri dan rindang sehingga membuat warga yang direlokasi lebih nyaman tinggal bersama keluarganya.

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, penanaman pohon terdiri dari sembilan jenis pohon pelindung dan delapan pohon buah yang di kawasan taman hunian yang diberi nama Perumahan Bumi Sirnagalih Damai (BSD) tersebut.

Prosesi penanaman dilaksanakan oleh pengurus Dharma Wanita Perumahan bersama IIBA serta dihadiri oleh Direktur Jenderal Perumahan, Iwan Suprijanto dan Koordinator Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) yang juga Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga, Asep Arofah Permana dan para pejabat tinggi pratama serta perwakilan generasi muda di lingkungan Direktorat Jenderal Perumahan.

Selain penanaman pohon juga dilaksanakan penyerahan wakaf Al Qur’an, Dharma Wanita Perumahan ke Paguyuban Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa II yang selanjutnya diserahkan kepada Pengurus Musholla Ash Shabuur yang lokasinya tidak jauh dari Huntap BSD tersebut. Sedangkan IIBA juga menyerahkan sejumlah perlengkapan ibadah seperti sajadah, sarung, mukena, lemari dan karpet agar masyarakat bisa lebih khusyuk beribadah di saat bulan Ramadhan tiba.

Ketua IIBA, Inaka Makanti Sugeng menjelaskan, adanya kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan Dharma Wanita Perumahan Kementerian PUPR dan IIBA diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan silaturahmi antara kedua belah pihak. Selain itu, kegiatan penanaman pohon ini bisa membantu masyarakat agar menghuni rumah yang layak.

“Kami siap bekerjasama dengan Dharma Wanita Perumahan dalam kegiatan sosial lainnya,” harapnya.

Selain melaksanakan penanaman pohon penghijauan, rombongan juga melakukan kunjungan perumahan Huntap Tahap II yang berada di Desa Murnisari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur. (dam)

Exit mobile version